Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Macalawang : Dapur Hidup, Salah Satu Cara Manfaatkan Pekarangan Rumah

Aldy Monareh   |   8 September 2012 – 19:14 WITA

BITUNG, (manadotoday.com) – Untuk menunjang program ketahanan pangan dan gerakan sentuh tanah pemerintah. Kepala Dinas Pertanian, Kehutananan dan Ketahanan Pangan Bitung Ir Lusye Macalawang, mengingatkan warga, untuk memanfaatkan pekarangan sebagai dapur hidup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

”Manfaatkanlah pekarangan rumah dengan menanam rempah-rempah seperti Cabe, Tomat dan Bawang, Jahe dan kebutuhan dapur untuk mengurangi belanja rumah tangga mengingat saat ini kebutuhan hidup semakin tinggi,” saran Sondakh.

Selain rempah-rempah kata Macalawang, pekarangan juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk menanam apotik hidup atau tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat-obatan.

”Sebab saat ini di pekarangan rumah warga jarang ditemui tanaman dapur dan apotik hidup karena hanya didominasi oleh tanaman jenis bunga, ” ujarnya.

Untuk rumah yang minimalis Macalawang menyarankan, warga dapat memanfaatkan polybek atau pot yang sering dipakai untuk menanam bunga.

”Dan untuk program menaman Dapur dan apotik hidup ini, kami akan berkordonasi dengan TP PKK Kota Bitung agar menganjurkan disetiap pekarangan keluarga, terlihat jenis tanaman ini ,” pungkasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading