Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Utara

Mahalnya Pengurusan IMB di Minut

Redaksi Manado Today   |   15 Juli 2010 – 11:15 WITA

Airmadidi Today – Langkah pemerintahan yang dinahkodai Drs Sompie S F Singal untuk meminimalisasi birokrasi, terutama pengurusaan izin di Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu dengan tujuan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, saat ini dikeluhkan.

Pasalnya, biaya yang harus dikeluarkan warga dalam mengurus Izin Mendirikan Bangunan terkesan sangat mahal, padahal bangunan yang dimohonkan IMB-nya merupakan bangunan lama.

Menurut sumber yang menolak dikorankan pada manadotoday Kamis (15/07/2010), pihaknya semuala hendak melengkapi persyaratan pengajuan kredit pada Bank, dengan kewajiban melampirkan IMB bangunan yang hendak diaggunkan.

Berbekal rekomendasi dari Kepala Desa dan Camat, dilakukan pengurusan IMB di kabupaten, namun ternyata warga salah satu desa di kecamatan Kauditan ini, mengaku sangat terkejut dengan biaya yang harus dikeluarkan yang jumlahnya mencapai jutaan rupiah. Padahal, bangunan yang dimohonkan IMB itu, berukuran kecil dan merupakan bangunan lama.

“Kami berniat mengurus IMB sebagai syarat pengajuan kredit, namun biaya yang dikeluarkan sangat besar. Contohnya untuk gambar saja harus mengeluarkan biaya Rp 1 juta, belum lagi biaya IMB yang mencapai Rp 2,5 juta,” kata sumber yang adalah anggota Polisi di salah satu kesatuan.

Selanjutnya sumber mengatakan, dirinya sangat keberatan dengan kondisi ini. “Bayangkan saya sudah mengeluhkan mahalnya biaya namun tak digubris, bagaimana jika masyarakat biasa yang mengurus izin di Minut. Dan anehnya, masih ada cara tawar-manawar yang disebutkan petugas disana,” kata sumber,  sambil membandingkan pengurusan Izin di kota Bitung maupun Manado dengan di Minut yang disebutkan butuh perhatian serius Bupati Sompie Singal. (mei)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading