Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

Makahanap : Ramperda Lintas Batas Akan Diajukan ke DPRD

Redaksi Manado Today   |   1 Maret 2012 – 22:36 WITA
sangihe

Imanuel Ph Makahanap SH MH

Tahuna, (manadotoday.com) – Kepala Badan Perbatasan dan Pulau-Pulau terluar, Imanuel Ph Makahanap SH MH mengatakan, Ramperda Lintas Batas akan segera diajukan ke DPRD untuk dibahas bersama dengan eksekutif kemudian diputuskan untuk mejadi sebuah produk hukum dalam Peraturan Daerah (Perda).
Hal tersebut dikemukakan Makahanap kepada manadotoday Kamis (1/3/2012).
Mantan Kabag Hukum itu menambahkan, Ramperda lintas batas tersebut sudah sangat mendesak dibahas untuk menjadi sebuah Perda yang mengatur warga Sangihe yang hendak melakukan perjalanan melintasi batas negara Filipina-Indonesia melalui Pulau Marore yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Filipinan.
“Aktivitas masyarakat yang melintasi batas kedua negara untuk melaksanakan perdagangan tradisional, harus patut dilindungi dengan sebuah peraturan hukum yang mengikat, agar dalam melakukan aktivitasnya, para pedagang tradisional ini mendapat perlindungan secara hukum dan aturan yang berlaku,” ujar Makahanap.
Olehnya, Makahanap berharap, pihak DPRD Sangihe selaku mitra pemerintah daerah untuk duduk bersama dalam merumuskan aturan yang tujuannya untuk melindungi para pedagang tradisional yang sudah turun-temurun melakoni aktivitas perdagangan tradisional melalui kawasan Border Cross Area (BCA) di Pulau Marore.
Intinya, tambah Makahanap, tujuan pengajuan Ramperda menjadi sebuah Perda di DPRD, merupakan implementasi dari visi pemerintah daerah yang akan mewujudkan Kepulauan Sangihe sebagai Kabupaten Bahari yang sejahtera dan bermartabat. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading