Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Opini Today

Makna dan Nilai Filosofi “Torang Samua Basudara” : Bagian III

Staff Manado Today   |   1 Juli 2012 – 16:29 WITA

 

Oleh : Soleman Montori

Torang Samua Basudara adalah Tindakan dan Sikap mengutamakan Kepetingan Bersama

Montori

Soleman Montori

Torang Samua Basudara adalah tindakan dan sikap yang mengutamakan kepentingan bersama, yang terujud dalam tindakan dan harapan yang nyata. Penduduk kota Manado dan Sulawesi Utara yang heterogen, yang beragam suku, agama, ras dan antargolongan dengan kredo Torang Samua Basudara mampu menahan dan menghalau arus-arus pemikiran sempit yang kecepatannya kadangkala melebihi upaya kita untuk mengatasinya; kredo Torang Samua Basudara mampu menumbuhkembangkan sikap saling percaya dan tidak saling meniadakan peran antara yang satu dengan yang lainnya, tetapi saling menyayangi dan membantu.

Torang Samua Basudara, dimaknai bahwa manusia sebagai makhluk sosial dan religius tidak hanya hidup sendiri, dan tidak mungkin hanya hidup sendiri; dengan kata lain, Torang Samua Basudara walaupun berbeda-beda dalam banyak hal , namun masing-masing diberi kebebasan untuk melakukan apa yang dikehendaki serta memiliki kewajiban untuk memperlakukan orang lain yang berbeda dengan penuh rasa hormat. Matahari, bulan dan bintang, adalah contoh tiga benda langit basudara yang memiliki peran dan fungsi yang berbeda, namun ketiganya tidak saling mengganggu. Matahari menjalankan fungsinya pada siang hari. Bulan dan bintang menjalankan fungsinya untuk menerangi malam hari.

Tujuh warna pelangi yang melengkung bagai busur; yang terlukis indah di langit dan tampak mengagumkan antara warna yang satu dengan warna yang lainnya dan tidak saling mengganggu juga merupakan contoh yang baik untuk hidup basudara, damai dan rukun.

Pasti bukan pelangi namanya jika salah satu warnanya ditiadakan; dan siapa pun tak mungkin meniadakannya, karena tujuh warna yang indah dan tersusun apik tersebut adalah karya Sang Maha Pencipta.

Hal yang sama juga terdapat di dalam diri manusia, siapapun dia, terdapat banyak perbedaan yang diciptakan oleh Sang Pencipta. Ada lidah untuk membedakan rasa; ada mata untuk melihat; ada telinga untuk mendengar; ada hidung untuk mencium bau-bauan; ada mulut untuk memasukan makanan dan minuman; ada dubur untuk mengeluarkan kotoran; dan sejumlah perbedaan lainnya.

Bagian tubuh yang paling hina dalam diri manusia adalah dubur; kalau demikian dubur sebagai bagian tubuh yang paling hina harus ditiadakan? Tentu tidak! Sebab sia-sia makanan yang enak dimasukan melalui mulut jika dubur tidak ada. Semua anggota tubuh yang berbeda basudara. Sama halnya dengan manusia yang berbeda-beda adalah basudara.

Torang Samua Basudara bukan upaya untuk menyembunyikan ketakutan karena adanya bahaya, tapi merupakan wujud pengungkapan kebenaran bahwa keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan bukan hantu yang harus ditakuti, atau hama yang harus dibasmi, atau predator berbahaya yang harus diburu. Sangat berlebihan jika ada yang merasa tak nyaman dengan perbedaan.

Bagi masyarakat provinsi Sulawesi Utara dan Manado sebagai ibukotanya, perbedaan dalam keberagaman bukan ancaman, juga bukan tantangan, juga bukan sebagai hambatan atau gangguan untuk bersatu, hidup rukun dan damai, tetapi sebagai kesatuan pengharapan dan kesejahteraan lahir dan batin.

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading