Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung, Headline

Makna Nomor Urut di Mata Pasangan Calon Walikota Bitung

Redaksi Manado Today   |   24 Oktober 2010 – 14:51 WITA

Bitung Today – Nomor Urut peserta pemilukada di setiap daerah, selalu mempunyai arti tersendiri bagi setiap pasangan yang akan berkompetisi. Hal ini juga berlaku untuk empat pasangan calon walikota dan wakil walikota Bitung yang memperoleh nomor urut dalam undian dalam rapat pleno KPUD Bitung, di Wisma Pelaut Internasional Bitung Sabtu (23/10/10).
Nomor urut sesuai hasil undian yang diikuti oleh keempat pasangan calon adalah :
Nomor urut 1 Robert Lahindo-Mayti Kolang (Golkar)

Nomor urut 2 Edison Tatulus-Fintje Saerang (Independent)

Nomor urut 3 RML-Youndries Kansil (PDI P)

Nomor ururt 4 Hany Sondakh-MJ Lomban (PKPI)

Menariknya, masing-masing calon walikota dan wawali ketika diwawancarai usai rapat pleno penetapan nomor urut, malah mengartikan nomor urut mereka.

RML mengartikan bahwa nomor 3 berarti Victory atau Kemenangan.
”Nomor 3 adalah nomor undian saya ketika memenangkan pilbup Minsel lima tahun lalu,dan kemenangan tersebut akan saya bawa di pilwako Bitung 9 Desember,” katanya optimis.” Nomor 3 identik dengan PDI P sewaktu zaman Orde baru yang artinya Merah total atau Metal,” imbuh Kansil.
Lain RML,lain juga dengan Edison Tatulus yang mengantongi nomor urut 2,Menurutnya nomor 2 artinya Serasi. ”Nomor 2 adalah keserasian karena identik dengan organ tubuh yang terdiri dari dua anggota,yang membuat kita menjadi serasi,” ujarnya.
Robert Lahindo juga mengartikan nomor urut 1 sebagai nomor tertinggi atau Primus interpares yang juga sebagai lucky number (nomor keberuntungan), karena tidak ada nomor tertinggi selain nomor 1.
” Saya yakin ada maksud Tuhan untuk pasangan kami dalam peristiwa ini,karena sewaktu mencabut no udian untuk mencabut nomor urut,kami akhirnya mendapatkan no 1 dalam nomor urut,” terangnya.
Pasangan Hanny Sondakh dan MJ Lomban mengungkapkan sebelum mendatangi tempat di gelarnya pleno kedua pasangan ini memohon dalam doanya agar mendapatkan nomor 4. ” Tuhan mengabulkan doa saya,karena saya sangat mendambakan nomor 4,dan ternyata kami mendapatkannya,” ujar Sondakh.
”Nomor 4 adalah nomor Kemenangan dan jika dibalik berati kursi kemenangan,” kata Lomban. (lou)

Dikirim melalui Facebook Seluler
Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading