Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Malaria Terus Intai Minahasa Tenggara

David Masengi   |   3 Juli 2012 – 11:47 WITA

TOLUAAN, (manadotoday.com) – Dinas Kesehatan Minahasa Tenggara (Mitra) diminta pro aktif melakukan penanganan penyakit malaria. Pasalnya, penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk anopheles terus menyerang warga Mitra.

Jika sebelumnya di Kecamatan Ratahan dan sekitarnya, belakangan penyakit ini menyerang warga yang ada di Kecamatan Toluaan dan Silian Raya. Apalagi sebagian penderita malaria yang ada di Toluaan dan Silian diderita oleh anak-anak.Ryan Sandag Ketua KNPI Silian, mengatakan beberapa bulan belakangan ini sejumlah warga terserang gejala dan penyakit malaria serta malaria mix (tertiana dan tropika). Memang sampai saat ini belum ada pasien yang meninggal dunia, namun penyakit ini terus mengganggu masyarakat di dua kecamatan tersebut.

” Kami minta Dinkes segera turun tangan melakukan penanganan,” ujar Sandag.

Lanjut dia apalagi belakangan penderita yang ada di Silian raya dan Tombatu terus bertambah, sehingga mereka selaku masyarakat sangat khawatir, malaria menyebar atau tertular kepada warga lainnya.

” Kami minta Dinkes mengambil langkah kongkrit agar penyakit yang ditularkan oleh nyamuk ini tidak mewabah,” ujarnya lagi.

Sementara itu kepala Dinas Kesehatan Mitra dr Lily Mawati melalui Kabag Humas Pemkab Mitra Drs Ezra Sengkey, Msi saat di konfirmasi membenarkannya, sambil menjelaskan kalau memang sesuai data dari Januari hingga Juni ada sekitar 475 kasus malaria.

” Yang paling rawan di Kecamatan Tombatu, Silian Raya dan Toluaan,” Tutupnya.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading