Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Manado Belum Patenkan Cendramata

Staff Manado Today   |   24 Juni 2011 – 23:18 WITA

Manado Today – Cendramata bagi suatu daerah biasanya manjadi ikon atau ciri khas daerah tersebut. Pun demikian, Kota Manado, hingga kini belum mempatenkan cenderamata yang terbuat dari kelapa.

Hal ini diakui salah satu staf ahli di Pemkot Manado Frangki Mewengkang SIP MSi, kepada wartawan Jumat (24/06/2011). Dikatakan mantan Kaban Kesbangpol dan Linmas ini, hingga saat ini Pemkot Manado belum mematenkan cendramata untuk diberikan kepada daerah-daerah luar yang melakukan studi banding.

“Cendramata yang ada saat ini terbuat dari batang kelapa dengan lambang daerah, namun itu belum di patenkan karena Kelapa bukan ikon Manado melainkan Sulut pada umumnya,”jelas Mewengkang.

Lanjut dikatakannya, Pemkot masih dalam kajian untuk mematenkan cendramata tersebut. Bisa saja, celakan, atau monumen lilin yang menjadi lambang kerukunan antar umat beragama serta lainnya. “Masukan dan saran dari masyarakat terkait cendramata pastinya perlu dikaji. Dan itu sementara kita lakukan untuk diusulkan kepada walikota,”tukasnya.

Terpisah, pengamat Seni dan Budaya Drs Ronny Mangare MSi, menanggapi cendramata Pemkot Manado, disarankan menggelar sayembara. “Karena ini akan menjadi ikon, kami sarankan dibuatlah semacam sayembara, namun tidak harus meninggalkan ciri khas dan budaya kota Manado,”tandasnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading