Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Manado Butuh UKM Berbasis Pariwisata

Staff Manado Today   |   18 Mei 2011 – 11:54 WITA

Manado Today – Pariwisata merupakan sektor yang potensial untuk mendatangkan devisa bagi daerah. Dengan pariwisata, perekonomian daerah itu akan semakin maju dan itu merupakan sesuai dengan visi kota Manado yakni Manado Kota Model Ekowisata (MKME).Hanya saja, menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Manado Olden Lahamendu SE mengatakan, untuk menggapai hal tersebut, Manado masih sangat membutuhkan usaha mikro berupa Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berbasis pariwisata.

“Dari pengamatan saya, UKM yang bergerak di sektor pariwisata di Manado masih kurang sehingga perlu diberdayakan oleh pemerintah. Jika itu jalan, maka visi Manado sebagai kota model ekowisata akan terasa,” ujar Lahamendu.

Dijelaskannya, dalam pengembangan UKM berbasis pariwisata, pemerintah sangat diharapkan bisa memberikan berbagai kebijakan kepada masyarakat pelaku usaha. Salah satunya adalah berupa pelatihan tenaga kerja bagi masyarakat yang belum memiliki pekerjaan tetap.

“Masyarakat harus dilatih dengan industri kecil yang berhubungan langsung pada sektor pariwisata. Dan hal ini kita bisa berkaca ke daerah lainnya seperti Bali dimana hampir disetiap sudut jalan ada kerajinan tangan yang ditawarkan kepada wisatawan,” kata Lahamendu seraya menambahkan bahwa jika hal tersebut dijalankan oleh pemerintah, maka itu bisa mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di Manado.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading