Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

Manado Dikategorikan IFC dan World Bank, Paling Sulit Dapatkan Izin Usaha

Aldi Mawitjere   |   5 Februari 2012 – 15:40 WITA

Ai : Ini Tamparan bagi Pemkot untuk Berbenah

Kota Manado

Kantor Pemkot Manado

Manado, (manadotoday.com) – Berdasarkan hasil penelitian Internasional Finance Corporation (IFC) dan World Bank di 20 Kota di Indonesia, Yogyakarta menjadi kota paling mudah dalam hal proses mendirikan usaha, sedangkan Manado paling sulit mendapatkan izin.
“Tidak ada satu pun yang mengungguli kota lainnya di semua indikator,” kata Direktur Global Indicators and Analysis Department Bank Dunia Augusto Lopez-Claros, dalam laporan Doing Business di Indonesia 2012, di Kantor Badan Koordinasi Pasar Modal (BKPM), Jakarta, yang dikutip OkeZone.com.
Menanggapi hal tersebut, Wakil Walikota Manado, Harley AB Mangindaan, kepada sejumlah wartawan mengatakan bahwa ini menjadi tamparan bagi Manado untuk terus melakukan pembenahan.
“Saya menghadiri langsung pertemuan tersebut. Hal ini akan menjadi pekerjaan rumah bagi kita untuk terus berbenah dalam pelayanan perijinan,”ujar Ai sapaan akrab Wakil Walikota seraya menyatakan perbenahan di BP2T terus dioptimalisasikan.
Ditempat terpisah Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Kota Manado Drs Rum Usulu mengatakan, selama ini proses pengurusan perizinan dari masyarakat termasuk para pelaku usaha, tidak pernah mereka persulit.
“Birokrasi di sini sangat transparan dan kita kerja ekstra cepat. Asalkan segala syarat dan administrasinya lengkap, pasti berkas perizinannya kita terbitkan,” terang Usulu.
Pemkot manado sangat terbuka untuk investasi. Jadi PB2T selalu mengedepankan pelayanan prima terhadap masyarakat yang akan mengurus ijin.
Dia mengatakan, salah satu parameter pelayanan maksimal yang diberikan BP2T Manado adalah banyaknya surat perizinan yang diterbitkan tiap tahunnya.
“Tahun 2011 lalu hampir 10.000 izin yang kita terbitkan. Sedangkan pada bulan (Januari) ini saja, tercatat sudah 400 izin yang kita proses. Ini artinya birokrasi di sini lancar dan tidak berbelit-belit,” jelasnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading