Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

Manado Kini Miliki Batik Khas

Aldi Mawitjere   |   30 Mei 2012 – 07:46 WITA

Corak Melambangkan Kerukunan di Kota Manado

Peter Assa

Kadis Pariwisata bersama GSVL - Ai

MANADO, (manadotoday.com) – Walikota GS Vicky Lumentut mengatakan, Kota Manado telah memiliki batik khas dengan corak yang melambangkan kerukunan dan keberagaman etnis dan agama di daerah ini. Nantinya, batik ini akan dituangkan dalam Peraturan Daerah (Perda) agar memiliki dasar hukum yang jelas.

“Kita butuh pakaian khas yang mencerminkan keberagaman di Kota Manado. Makanya, kita sudah memiliki batik khas bukan Bentenan, tetapi batik yang menjadi ciri khas Manado. Coraknya melambangkan kerukunan antar umat beragama,”ujar Walikota melalui kadis Pariwisata dan Kebudayaan Peter Assa.Lanjut dikatakannya, batik khas ini meskipun corak tatap, tetapi warna dasar bisa berbeda. Selain melambangkan kerukunan, dalam corak batik Manado terdapat gambar ikan Coelacanth yang telah ditetapkan sebagai ikon Manado.

“Diharapkan dengan adanya batik khas Manado ini, akan semakin mempererat persaudaraan sesama warga Kota Manado. Ini nantinya akan diPerdakan, sehingga memiliki legitimasi sebagai pakaian khas Manado,”tandasnya.

Nantinya, Batik khas itu, kata Lumentut, akan dikenakan para Walikota se-Indonesia yang datang ke Manado dalam rangka Musyawarah Nasional (Munas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading