Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Manado Lokasi Peluncuran E-KTP Perdana di Indonesia Timur

Staff Manado Today   |   13 April 2011 – 22:12 WITA

Manado Today – Kota Manado, Sulawesi Utara, akan menjadi lokasi peluncuran kartu tanda penduduk elektronik nasional mewakili daerah di Indonesia bagian timur pada Agustus 2011.“Peluncuran perdana tersebut akan dihadiri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi dan akan menjadi percontohan bagi kabupaten dan kota lain di Indonesia,” kata Wakil Wali Kota Manado Harley Mangindaan di Manado, Sabtu.

Mangindaan mengatakan untuk menyambut peluncuran ini, pemerintah melakukan berbagai persiapan sehingga pelaksanaan acara nasional ini dapat berlangsung lancar, sekaligus menjadi contoh bagi kawasan lain di Indonesia yang akan melakukan kegiatan serupa.

“Seluruh kecamatan di Manado harus mempersiapkan diri sedini dan sebaik mungkin karena akan dilakukan pengundian lokasi yang akan ditinjau Mendagri,” kata Mangindaan.

Pemerintah tidak akan menunjuk kecamatan mana yang akan menjadi lokasi tinjauan Mendagri, tetapi akan dilakukan pemilihan secara acak sebab semua masuk kategori guna kesetaraan dan tidak ada perbedaan antara utara dan selatan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manado Steven Liow mengatakan, Manado terpilih bersama dengan Jakarta, dan Mendagri akan didampingi Sekjen Depdagri.

“Manado sudah melakukan persiapan jauh hari sehingga diperhatikan oleh kementerian dan terpilih dari 197 kota di Indonesia,” kata Liow.

Demi menyukseskan acara ini, kata Liow, pemerintah mengalokasikan dana sekitar Rp3 miliar untuk menyiapkan sumber daya manusia andal yang bertugas melayani pembuatan E-KTP serta sarana penting lain seperti listrik.

Liow mengatakan, penduduk yang sudah memiliki KTP SIAK (Sistem administrasi Kependudukan) tinggal menukarnya saja dengan E-KTP, dan selama 2011 tidak dikenai biaya alias gratis, pembayaran sesuai ketentuan akan diberlakukan pada 2012.

Pemerintah kota berharap dukungan dari semua pihak terutama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado demi kesuksesan acara pelucuran E-KTP nasional ini.(ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading