Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Manado

Manado Raih Predikat Kepatuhan Ombudsman RI

Manado Today   |   19 Juli 2014 – 16:19 WITA

Walikota GSVL : Layanan Publik Kita Diakui Berkualitas

manado, Pemkot Manado, lumentut

Penghargaan yang diterima Sekda Manado MHF Sendoh

MANADO, (manadotoday.com) – Pengakuan Pemerintah Pusat terhadap kepemimpinan Walikota Manado, Dr. G.S. Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Manado, Dr. Harley A. B. Mangindaan terus berlanjut.

Pada peringatan 5 tahun disahkannya Undang-undang No. 5 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik sekaligus pemberian penghargaan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik di Hotel Sahid Jaya Jakarta, Jumat (18/07) kepada Unit Pelayanan Publik (UPP) di Kementerian, UPP Lembaga Pemerintah serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tingkat Provinsi dan SKPD tingkat Kota/Kabupaten, Kota Manado menerima dua penghargaan sekaligus.

Pertama, Kota Manado menjadi satu dari 27 Kota/Kabupaten yang menerima Predikat Kepatuhan. Kedua, Walikota Manado menjadi satu dari daerah kota dan provinsi yang membawakan testimoni, masing-masing Walikota Manado, Walikota Bandung, Walikota Surabaya, Walikota Denpasar, Gubernur Kalimantan Barat, Gubernur Sulawesi Selatan, dan Gubernur Sumatera Barat.

manado, walikota manado, vicky lumentut

Walikota Manado saat menjadi Pencatat Nikah

Predikat Kepatuhan merupakan salah satu upaya Ombudsman Republik Indonesia mendorong tercapainya pelayanan publik berkualitas. Tujuan dari pemberian Predikat Kepatuhan ini adalah agar penyedia layanan publik dapat menghilangkan perilaku mal-administrasi serta agar penyelenggara pelayanan publik makin termotivasi mewujudkan pelayanan sesuai harapan masyarakat, yaitu layanan publik yang cepat, mudah, murah dan tepat waktu, dan diberikan setiap tahun pada tanggal 18 Juli sekaligus sebagai peringatan 5 tahun disahkannya UU No.25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Penilaian tersebut dilakukan oleh tim internal Ombudsman Republik Indonesia, sebuah lembaga atau badan pemerintah yang menangani optimalisasi layanan publik dan diputuskan melalui sidang pleno dan penetapan penerima predikat kepatuhan dilakukan oleh Ketua Ombudsman. Predikat Kepatuhan ini berlaku selama satu tahun, namun dapat dicabut apabila dalam waktu setahun berjalan penyelenggara layanan tidak lagi memenuhi kriteria pelayanan publik berkelanjutan.

manado, wawali manado

Wawali bersama ombudsmen Helda Tirayo di kantor Dukcapil Manado

“Salah satu keunggulan kita, Pemerintah Pusat melalui Ombudsman telah melihat komitmen yang kuat dari kepemimpinan Pak Walikota telah mengeluarkan 2 Peraturan Walikota (Perwal), masing-masing Perwal Nomor 16 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kota Manado dan Perwal Nomor 54 tahun 2013 tentang Tata Cara Penilaian dan Pemberian Penghargaan Atas Prestasi Penyelenggara Layanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kota Manado. Terobosan-terobosan penting juga dilakukan secara kontinyu oleh Pemerintah Kota Manado seperti melaksanakan pengawasan terhadap implementasi kebijakan SKPD hingga di kelurahan dan lingkungan serta membuka akses publik melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi seperti Forum SKPD Online, Walikota Ron Manado, Walikota Menyapa, Walikota Menjawab, serta akun pribadi dan fanpage yang membuka akses bagi masukan warga secara langsung.”ungkap Sekretaris Daerah Kota Manado, Ir. M.H.F. Sendoh yang mewakili Walikota Manado, Dr. G.S. Vicky Lumentut menerimaan penghargaan tersebut.

Walikota Manado, Dr. G.S. Vicky Lumentut sendiri mengaku terkejut mendapatkan dua penghargaan sekaligus dari Ombudsman.

manado, walikota manado

Walikota Manado saat menyerahkan Piagam BPJS Ketenagakerjaan kepada Sekda Kota Manado

”Tugas kita di jajaran pemerintahan adalah melayani masyarakat secara baik dan optimal, menangkap dan menganalisa keinginan serta kebutuhan mereka terkait dengan layanan publik, kemudian merumuskannya ke dalam kebijakan yang implementatif. Itu yang paling pokok. Oleh karena itu jika kemudian pelaksanaan tugas ini secara sungguh-sungguh, tulus, dan ulet mendapatkan pengakuan dan penghargaan Pemerintah Pusat melalui Ombudsman RI, saya persembahkan penghargaan ini untuk seluruh jajaran pemerintahan dan masyarakat Kota Manado. Hasil kerja keras antara pemerintah dan masyarakat telah membuahkan pengakuan dan penghargaan. Tekad saya membawa Kota Manado sejajar dengan daerah-daerah yang sudah lebih dahulu maju terutama dalam layanan publiknya, ternyata mendapatkan pengakuan dari Ombudsman RI, sebuah lembaga yang sangat kredibel, obyektif, berintegritas dan intens mengawasi kinerja pemerintah dalam pelayanan publik. Ini sebuah penghargaan dan hadiah HUT ke-391 Kota Manado, sekaligus pengakuan bahwa Manado telah membuktikan diri sebagai daerah dengan pelayanan publik yang berkualitas,”tutur Ketua Dewan Pengurus APEKSI ini.

Penghargaan ini setelah Kota Manado berturut-turut membukukan prestasi dan penghargaan dari Pemerintah RI melalui Langit Biru, Swasti Saba, LAKIP, dan terakhir Adipura Kategori Kota Besar, dan penghargaan lainnya.(mt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading