Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Mandagi : Beraktivitas, LSM-Ormas Harus Resmi Terdaftar

Ardi Kalumata   |   19 April 2012 – 16:28 WITA
Kesbangpol Linmas Tomohon

Drs Jantje Mandagi

TOMOHON, (manadotoday.com)–Menindaklanjuti berbagai keluhan masyarakat tentang keberadaan Lembaga Swadaya Masyarakat yang kurang jelas di Kota Tomohon akhir-akhir ini, Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak melalui Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol dan Linmas) Kota Tomohon Drs Jantje SD Mandagi menegaskan, semua LSM dan Ormas yang beraktivitas di Kota Tomohon harus terdaftar.
‘’Aturannya, jika beraktivitas dan mengatasnamakan organisasi, maka mereka harus terdaftar resmi di Kesbangpol dan Linmas,’’ ungkap Mandagi.
Untuk mendaftar lanjut mantan Camat Tomohon Utara ini, tidak sulit. Untuk mendapatkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) sesuai UU Nomor 8 Tahun 1985, PP 18 Tahun 1986 dan Permendagri Nomor 5 Tahun 1986, persyaratannya yakni Akte Pendirian Organisasi Kemasyarakatan dan/atau Lembaga Swadaya Masyarakat, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang dibuat oleh Notaris, SK Dewan Pengurus Pusat (lengkap) ditandatangani oleh Pendiri/Pimpinan Munas. Kemudian SK Pengurus Provinsi (lengkap) yang ditandatangani oleh pendiri, program kerja yang ditandatangani ketua dan sekretaris, Riwayat Hidup (Biodata) Pengurus yaitu Ketua, Sekretaris dan Bendahara, Pas Foto berwarna ukuran 4 x 6 cm bagi Ketua, Sekretaris, dan Bendahara, Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) pengurus bagi Ketua, Sekretaris, dan Bendahara.
Selanjutnya Formulir Isian, Data Lapangan, Foto Tampak Depan dengan Papan Nama Alamat Kantor/Sekretariat, NPWP, Surat Keterangan Domisili ditandatangani oleh Lurah dan Camat setempat, Surat Kontrak/Izin Pakai tempat diatas Materai Rp 6.000, Tidak menggunakan lambang Garuda sebagai lambang organisasi, Surat Keterangan tidak sedang terjadi Konflik Internal (dualisme/multi kepengurusan) ditandatangani Ketua dan Sekretaris yang dibubuhi Materai Rp. 6.000, Surat Keterangan Tidak Berafiliasi dengan Partai Politik ditandatangani Ketua dan Sekretaris yang dibubuhi Materai Rp 6.000.
Organisasi tersebut harus menyampaikan laporan kegiatan organisasi kepada Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kota Tomohon setiap 6 (enam) bulan sekali.
‘’Ini perlu diketahui oleh masyarakat agar tidak sembarangan melakukan aktivitas termasuk stateman di media massa yang mengatasnamakan organisasi, padahal organisasi tersebut tidak terdaftar. Jadi, sekali lagi, bagi organisasi yang mau beraktivitas harus terdaftar resmi,’’ kata walikota melalui Kepala Badan Kesbang yang didampingi Kasubag Humas Djufry Rorong SSos seraya menambahkan hingga saat ini ada 45 LSM dan Ormas yang terdaftar di Kesbangpol dan Linmas . (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading