Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Mangindaan Pantau Persediaan Stok Kebutuhan Pokok

Manado Today   |   5 Agustus 2011 – 17:02 WITA

Manado Today – Wakil Wali kota Manado, Harley Alfredo Benfica Mangindaan, memimpin tim melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di pasar tradisional, moderen hingga distributor, guna memantau persediaan bahan pokok jelang Idul fitri.

Mangindaan Pantau Persediaan Stok Kebutuhan Pokok

Harley Alfredo Benfica Mangindaan

“Dari pemantauan di pasar tradisional, moderen hingga distributor hasilnya persediaan bahan pokok di Manado aman dan dipastikan cukup sampai Idul Fitri nanti, bahkan hingga akhir tahun nanti, dan semuanya aman dikonsumsi,” kata Mangindaan, saat melakukan sidak, di Manado.

Mangindaan mengatakan sesuai dengan pemantauan langsung terutama di distributor, persediaan beras, gula, terigu, mentega, hingga telur semuanya mencukupi sehingga warga Manado tidak usah khawatir dan melakukan pembelian dalam jumlah besar, sebab semua kebutuhan yang diperlukan selama puasa hingga hari raya tetap cukup.

Mangindaan mengatakan dari pemantauan yang dilakukan bersama seluruh instansi terkait yakni Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan dan Bagian Perekonomian Pemerintah Kota Manado harga-harga bahan kebutuhan pokok tersebut masih stabil.

Walaupun ada yang naik itu hanya sekitar 10-15 persen, Mangindaan mengharapkan agar para pedagang di pasaran tidak menaikan harga sebab di pangkalnya yakni distributor tidak ada kenaikan harga.

“Karena para distributor rata-rata mengakui masih belum menaikan harga maka jadi kami minta supaya pedagang juga jangan terlalu ambil untung,” kata Mangindaan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Manado, Vanny Sirang mengatakan stok kebutuhan pangan selalu dipasok distributor dalam rentang waktu yang singkat sehingga tidak akan kehabisan.

Begitu juga dengan harga pangan tidak akan naik tinggi, karena persediannya cukup di semua gudang pangan.

Sementara distributor wilayah Sulawesi Utara, Piet Tumewu, dari CV Dwi Karya, mengatakan stok gula mereka sebanyak 150 ton dan terigu 3.000 ton.

Dia mengatakan stok tersebut cukup sampai Idul Fitri bahkan akhir tahun, karena setiap dua pekan sudah dipasok dari luar daerah.

“Sampai sekarang harga terigu maupun gula stabil, karena persediaan gandum banyak di eropa dan australia sehingga harga tepung terigu tidak naik, begitu juga dengan gula, pasokan dari Gorontalo itu cukup jadi tak ada yang perlu dikuatirkan masyarakat,” kata Tumewu.

Sementara dari Dony Lingkam dari CV Ichtiar juga mengakui kalau stok beras yang ada pada mereka cukup dan bisa menutupi kebutuhan sampai akhir tahun ini.

Harganya juga stabil bahkan cenderung turun karena ada panen di sejumlah sentra penghasil beras di Makassar dan Bolaang Mongondow, sehingga pihaknya harus menurunkan harga beberapa kali.

Sementara Thomas Halid dari distibutor mentega mengatakan mereka juga tidak menaikan harga, sebab awal tahun sudah dilakukan sehingga tidak akan mengejutkan masyarakat. Sekarang stok mentega yang ada pada mereka sekitar 2.500 ton dan bervariasi ukurannya dari 200 gram, 1 kg hingga 2 kg. (ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading