Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Marak, Pencurian Rotan di Hutan Lindung Lolombulan

Staff Manado Today   |   6 Juni 2011 – 11:39 WITA

Motoling Barat Today – Aksi pencurian rotan di kawasan hutan lindung Lolombulan, marak dilakukan oleh oknum yang tidak betanggung jawab. Hal itu dikatakan Hukum Tua (Kumtua) Desa Raanan Baru Satu Moddy Onibala dan sejumlah tokoh masyarakat kepada manadotoday Senin (6/6/2011).

Menurutnya, aksi tersebut dinilai akan berdampak buruk bagi warga sekitar karena akan mengurangi debit air. Sebab, tanaman rotan sendiri, merupakan salah satu tanaman hutan yang menyimpan air bahkan menahan tanah agar tidak longsor.

“Aksi pencurian rotan ini, sudah terjadi sejak beberapa bulan belakangan ini. Namun sampai saat ini Dinas Kehutanan terkesan cuek dengan persoalan ini. Padahal ini merupakan tanggung jawab dishut, apalagi pencurian terjadi di kawasan hutan lindung,” kata Onibala.

Dikatakannya lagi, pihaknya bersama tokoh masyarakat, sejak Kamis pekan lalu, terpaksa harus turun tangan dan melakukan operasi di kawasan hutan lolombulan dengan target mencari penebang liar dan pencuri rotan.

“Karena Dinas kehutanan tidak melakukan operasi, terpaksa kami masyarakat yang melakukan operasi untuk menyelamatkan hutan lindung lolombulan,” ujar Onibala, sambil menambahkan agar Dishut Minsel dan Pemprov agar lebih giat masuk hutan, jangan hanya menunggu di pos penjagaan dan perkebunan warga. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading