Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Maret, NTP Sulut Alami kenaikan

Staff Manado Today   |   4 April 2011 – 20:14 WITA

Manado Today – Nilai Tukar Petani (NTP) Sulawesi Utara (Sulut) mengalami kenaikan 0,24 persen menjadi 101,73 pada Maret 2011 dari sebelumnya pada Februari dengan angka indeks 101,48.“Peningkatan NTP tersebut terutama terjadi karena peningkatan pendapatan yang diterima petani tanaman pangan menjadi 132,51 dari sebelumnya hanya 130,34 sehingga secara total mendorong NTP menjadi 101,73,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut, Dantes Simbolon, di Manado, Senin.

Dantes mengatakan, kendati biaya produksi petani bahan pangan mengalami peningkatan, tetapi karena harga jual yang diterima petani masih lebih tinggi, sehingga NTP secara keseluruhan mengalami pertumbuhan.

Sebenarnya tingkat NTP tersebut berpotensi tumbuh di atas 101,73, tetapi karena terjadi penurunan NTP tanaman holtikultura, perkebunan rakyat, peternakan dan perikanan, sehingga secara total tidak sebenarnya yang diperkirakan semula.

Secara umum rincian NTP per sektor yakni tanaman holtikultura 100,57 turun 0,29 persen dibanding bulan sebelumnya 100,86, tanaman perkebunan rakyat menjadi 107,57 turun 0,13 persen dibandingkan bulan sebelumnya 107,71.

Kondisi penurunan juga terjadi untuk NTP sektor peternakan yang melorot 0,19 persen menjadi hanya 101,41 dari sebelumnya dengan angka indeks 101,60, serta NTP perikanan turun 0,57 persen ke posisi 96,08 dari dibandingkan bulan lalu masih sebesar 96,83.

Ketua Kelompok Agrobis Molompor, Tombatu Minahasa Tenggara, James DD Massie, mengatakan, guna mendorong pendapatan diterima petani lebih besar, maka hendaknya pemerintah jangan hanya memberikan subsidi input, tetapi juga output.

“Tidak cukup kalau hanya memberi bantuan berupa pupuk dan benih, subsidi harga jual juga perlu dilakukan pemerintah sehingga pendapatan yang diterima petani bisa meningkat dengan demikian NTP bisa tumbuh lebih tinggi,” kata James. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading