Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

Masalah Batas Tomohon – Minahasa Diselesaikan Usai Penetapan Batas Mitra – Boltim

Tonny Sumakul   |   3 September 2012 – 14:41 WITA
jubir pemprov sulut

Christian Sumampow SH. MEd

MANADO, (manadotoday.com) – Sejumlah warga dari Kota Tomohon, kini mempertanyakan masalah tapal batas antara Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa, tepatnya di bilangan Kasuang yang masih menggantung.

Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) melalui juru bicara Gubernur Dr. S.H. Sarundajang, Christian Sumampow SH. MEd, mengatakan, terkait penetapan dan penegasan batas wilayah Tomohon dan Minahasa, nanti akan diselesaikan setelah ditetapkannya batas wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dan Bolaang Mongondou Timur (Boltim) yang sementara berporoses.

“Kami akan selesaikan itu, usai penetapan batas Mitra dan Boltim. Penyelesaian tapal batas juga, termasuk untuk seluruh batas wilayah yang menghubungkan satu daerah dengan daerah lain di Sulut,” ujar Sumampow, Senin (3/9).

Dijelaskannya lagi, dalam mencari jalan keluar terkait sejumlah masalah batas wilayah di Sulut, Pemprov bekerjsama dengan Tim Direktorat Jenderal Pemerintahan Umum (Ditjen PUM), kini sementara meninjau seluruh batas wilayah tiap daerah di Sulut.

“Sekarang ada tim pencari data di setiap daerah di Sulut, terkait masalah tapal batas. Ini untuk lebih memperjelas dan mempertegas seluruh masalah batas wilayah di Sulut,” tegas Sumampow.

Diketahui, belum lama ini Pemprov Sulut telah menetapkan batas wilayah Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara (Minut), namun terjadi penolakan masyarakat.

Pemprov Sulut sendiri menegaskan, peneyelesaian batas wilayah itu, Pemprov hanya menfasilitasi, dan masing-masing daerah wajib mensosialisasikan hasil penetapan batas wilayah tersebut ke masyarakatnya.

Sementara untuk batas wilayah Mitra – Boltim, hingga kini tak kunjung selesai, dan masih sementara berproses. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading