Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Masalah Hukum Tua Minanga Dekab Minta Pemkab Proaktif

Redaksi Manado Today   |   19 Oktober 2010 – 23:56 WITA

Ratahan Today- Gelagat beberapa oknum Hukum Tua (Kumtua) di Minanga Kecamatan Posumaen, turut mendapatkan tanggapan dari sejumlah perwakilan rakyat di parlemen Minahasa Tenggara (Mitra).
Bahkan para legislator ini memintakan pihak pemkab untuk dapat proaktif dan secara bijak menanggapi hal ini hingga penyelesaiannya agar tidak menimbulkan konflik dan resistensi dimasyarakat.
Menurut Ketua Komisi A Bidang Pemerintahan Dekab Mitra Tavif Watuseke, penyelesaian secara bijak baiknya dilakukan pihak eksekutif, apalagi hal ini telah sampai pada ranah hukum.
“Ini harus diambil langkah secara bijak oleh eksekutif agar tidak menimbulkan dampak yang besar bagi masyarakat. Pemerintah dalam hal ini harus proaktif, agar tidak belarut serta memberikan dampak yang lebih luas lagi,” kata Watuseke yang juga merupakan Ketua Fraksi PDIP, Selasa (19/10).
Hal senada disampaikan komisi terkait lainnya yakni Ketua Komisi C Bidang Kesejahteraan Rakyat Kisman Hala. Menurutnya, oknum-oknum terkait agar tidak menggiring masyarakat didalamnya sehingga dapat menimbulakn gejolak yang besar.
“Ini kan hanyalah masalah pribadi dan tak perlu melibatkan masyarakat didalamnya. Sebaliknya kita baiknya berupaya meredam hal ini agar dampak-dampak buruk yang tidak kita inginkan bersama terjadi dan hanya akan merugikan masyarakat,” ujarnya.
Bahkan dirinnya selaku perwakilan rakyat memintakan pihak pemkab untuk dapat menatar kembali jajarannya, yang nota bene merupakan tokoh masyarakat. “Paling tidak ada pembinaan-pembinaan khusus kepada jajaran agar tidak terulang lagi dikemudian hari. Sebab mereka (kumtua) merupakan tokoh dan menjadi panutan masyarakat tentunya,” harap Hala.
Sebelumnya diberitakan, perseteruan oknum Kumtua Minanga 1 dan 2 diduga terjadi karena teguran Kumtua Minanga 2 yang menegur oknum Kumtua Minanga 1 yang sementara mengambil hasil pertanian yang dinilai bukan daerahnya. Hanya saja teguran tersebut berbuntut dengan kekerasan yang diduga dilakukan oknum Kumtua Minanga 1, hingga menimbulkan respon warga.
Pihak kepolisian yang menerima laporan tersebut, pun menghendaki agar hal ini diselesaikan secara kekeluargaan. “Namun kalau tidak selesai, tentu kami akan menyurat kepada pihak Bupati untuk memeriksa kedua oknum kumtua ini,” ujar Kapolres Minahasa Selatan melalui Kapolsek Ratahan, AKP Bargani SIK. (evel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading