Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Lintas Berita

Masyarakat Diminta Waspada DBD dan Malaria

Redaksi Manado Today   |   1 September 2010 – 22:49 WITA

Manado Today – Cuaca yang tak menentu akhir-akhir ini, rawan akan mewabahnya virus penyakit. Untuk itu Pemprov Sulut, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengingatkan masyarakat agar lebih waspada terhadap penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), dan juga penyakit malaria.

“Masyarakat diharapkan untuk lebih waspada terhadap penyebaran penyakit DBD dan Malaria,” ujar Kepala Dinkes Sulut, Dr Maxi Rondonuwu, Rabu (01/09/2010).

Ia menjelaskan, langkah yang harus dilakukan oleh masyarakat, dengan pencegahan sederhana dulu agar nyamuk yang menjadi penyebar kedua penyakit ini, bisa dihilangkan, yakni cara Menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air, serta mengubur barang bekas (3M).

Selain itu, diharapkan juga agar masyarakat lebih waspada dengan lingkungan, terutama yang berada di dekat gedung-gedung besar, seperti perkantoran, dan juga pekuburan, sebab dari survei lalu, pekuburan dan perkantoran, sebagai tempat bersarangnya nyamuk penyebar penyakit ini, yang paling tinggi.

“Survei lalu, tempat-tempat seperti ini, yang paling banyak dihuni nyamuk penyebar penyakit. Dan kemungkinan itu disebabkan banyaknya tempat yang terjadi penampungan air ditempat-tempat tersebut,” ungkapnya, seraya menambahkan, untuk sekolah-sekolah juga, diharapkan menjaga lingkungannya, sebab ini ditempati oieh anak-anak, yang rentan terserang penyakit.

Ia menambahkan, diminta juga untuk pihak Kabupaten/Kota, untuk segera melakukan pemantauan, jangan sampai sudah ada yang terserang penyakit ini, dan juga harus segera melakukan, pendataan dilokasi yang sudah ada yang terserang.

“Ini harus dilakukan dengan cepat. Dan lakukanlah pencegahan, seperti fogging, ataupun lainnyan,” ketus Rondonuwu. (Ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading