Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Totabuan

Mayulu : Tulude Mengandung Nilai Religius dan Persaudaraan

Redaksi Manado Today   |   1 Februari 2011 – 22:19 WITA

Pinolosian Today – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi Herson Mayulu SIP, ketika menghadiri upacara adat Tulude di desa Dumagin A Kecamatan Pinolosian Timur, Senin (31/1/2011), mengajak  ribuan warga Kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Bolmong Timur (Boltim), untuk memaknai Tulude sebagai ajang membina Toleransi dan kebesaraan seluruh masyarakat dan umat beragama di Bolsel. 
“Adat adalah bagian dari budaya yang di dalamnya terkandung nilai religious, sehingga nilai ini saya harapkan bisa diimplementasikan dalam aktifitas dan prilaku keseharian di dalam bermasyarakat,” ujar Bupati pertama pilihan rakyat ini.

Selanjutnya Mayulu mengatakan warga keturunan Nusa Utara yakni Sitaro – Sangihe dan Talaud di Bolsel merupakan warga Bolsel dan memiliki kesempatan dan kedudukan yang sama dalam pembangunan, sehingga dihimbau untuk bahu-membahu dengan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan. “Hendaklah pepatah Dimana Buni di pijak, Disitu langit di junjung menjadi bagian kehidupan warga Nusa Utara yang merupakan warga Bolsel,” tegas Mayulu.

Sementara itu, Gembala Ventje Lukas dalam ibadah syukur, mengatakan mengatakan bahwa Tulude adalah upacara adat, budaya masyarakat Sangihe, Talaud dan Sitaro, dengan maksud sebagai ajang pembersihan diri, menyudahi semua persoalan dan kembali melaksanakan seluruh kehidupan sesuai dengan jalan Tuhan
Selain Bupati, acara yang akan menjadi agenda tahunan sebagai pencerminan Toleransi dan Kebersamaan, turut dihadiri, para asisten dan jajaran SKPD, camat dan sangadi serta ribuan warga berbagai etnik yakni, Gorontalo, Minahasa, Mongondow dan sangihe, Sitaro serta Talaud sebagai empuknya hajatan. (jwt/bs)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading