Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Media dan Humas PLN Suluttenggo, Kunjungani Pabrik Coklat di Desa Poyuyanan

Aldi Mawitjere   |   13 Mei 2012 – 12:05 WITA
PLN Suluttenggo

Kujungan Media dan Humas PLN Suluttenggo ke Pabrik coklat di Desa Poyuyanan

MANADO, (manadotoday) –  Sejumlah media patner PLN Suluttenggo, akhir pekan, melakukan kunjungan ke Desa Poyuyanan, Kecamatan Pasi Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow. Kunjungan dalam rangka melihat dari dekat pembangunan pabrik coklat yang menjadi Desa binaan PLN Suluttenggo.Dimana pembangunan pabrik coklat di Desa Poyuyanan tersebut, menjadi satu-satunya di Sulawesi Utara, yang merupakan hasil kerjasama PLN Suluttenggo dengan LSM dipimpin langsung kepala bagian Humas PLN Suluttenggo Lefrand Maleke dan diterimah manajer area Kotamobagu, James Kalangi, Sangadi Payuyanan, Hamadi Mokodongan, dan Direktur LPTP Adi Lupito.

Manager area Kotamobagu, James Kalangi mengatakan aktifitas PLN tak melupakan lingkungan. Makanya, dengan adanya pabrik coklat ini, diharapkan tingkat kesejakteraan warga masyarakat di Poyuyanan bisa lebih baik.

“Pabrik ini meski kecil, namun dampaknya besar. Dan diharapkan memiliki nilai tambah bagi warga desa,”ujarnya.

Sementara itu, Adi Lupita menjelaskan, kerjasama PLN tersebut telah memberikan dampak yang sangat besar bagi Desa Poyuyanan. Menurutnya, potensi coklat yang sangat luas bisa memberikan dampak luas dengan adanya pabrik coklat tersebut.

“Dengan adanya pengembangan teknologi pedesaan ini hasil dari coklat akan langsung dikelola. Dan diharapkan dari pabrik ini bisa menghasilkan pasta coklat, minyak coklat, permen coklat maupun bubuk coklat,”terang Lukito sembari berharap Silverqueen coklat dapat dihasilkan disini.

Tak sampai disini bentuk kepedulian PLN terhadap warga setempat ternyata telah melakukan rehabilitasi balai desa, termasuk pemasangan kenopi dan kursi di balai desa dan batuan berupa 6 unit komputer di SMP Poyuyanan.

“Yang  tak kalah penting semua rumah warga telah dialiri listrik,”ujar Lupito.

Lebih jauh dikatakan Lupito, pembangunan pabrik coklat tersebut, rencananya akan diresmikan oleh Menteri BUMN, Dahlan Iskan pada bulan Agustus mendatang.

Seperti diketahui, sumber dana pembangunan pabrik tersebut, pertama berasal dari Asian Development Bank (ADB) melalui Corporate Social Responsibility (CSR) sekitar Rp 3 Miliar. Karena sempat terhenti, pada akhirnya proyek ini dilanjutkan oleh PLN Suluttenggo dengan alokasi dana sekitar Rp 517 Juta berada di tiga Desa.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading