Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Melihat dari Dekat SMA Negeri 3 Bitung

Aldy Monareh   |   18 Februari 2012 – 14:27 WITA

Sekolah Berbasis e-Learning Teknologi Informatika

bitung

SMA Negeri 3 Bitung

TIDAK selamanya daerah pelosok terkebelakang dalam dunia Pendidikan, buktinya SMA Negeri 3 Bitung yang terletak di Kelurahan Papusungan Lembeh Utara menepis tudingan miring segelintir orang yang beranggapan di Perkotaan kualitas Pendidikan jauh dibandingkan dengan yang ada di pelosok.
Ada yang mungkin tidak menyangka jika SMA Negeri 3 Bitung yang berdiri 11 Tahun lalu, kualitasnya boleh disejajarkan dengan sekolah lain yang ada di Kota Bitung bahkan di Sulawesi Utara, jika belum berkunjung di Sekolah model ini.
Apa pasal ? Ketika wartawan manadotoday pertama kalinya berkunjung di Sekolah ini, rasa takjub tergambar melihat Sekolah yang begitu Asri, Bersih, Nyaman dan tertata halamannya bagaikan lukisan ini.
Namun lepas dari Sekolah model yang baru ditinggalkan oleh Kepala Sekolah Joutje Tumiwa yang kurang lebih lima tahun memimpin Sekolah ini dan telah digantikan oleh Ema Runtupalit mantan Kepsek SMP 1 Bitung, ternyata sekolah berbasis Informatika Teknologi (IT) atau e-learning.
”Ini Sekolah e- learning. Dan saya salut dengan Kepsek Tumiwa, yang meskipun dengan keterbatasan dana mampu menjadikan Sekolah ini menjadi maju dan berkembang,” kata Runtupalit yang baru seminggu memimpin sekolah ini.
Semua ruangan dalam Sekolah memiliki LCD, karena memang Guru diharuskan mengajar pake LCD dan diwajibkan menggunakan Laptop.
Bukan hanya itu Sekolah ini juga dilengkapi dengan koneksi Internet dan Wi Fi, sehingga mengharuskan setiap murid memiliki e-mail, karena penugasan dan nilai disampaikan lewat email siswa.
”Murid saya wajibkan untuk pakai email,” kata Amos Pandia Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum.
Berbagai hal menonjol di Sekolah yang memiliki 251 Murid yang tersebar di 9 Kelas, dan 31 Guru ini, setiap ruangan dan samping Sekolah sejak tahun ini sudah dilengkapi dengan sarana CCTV.
”Ini fungsinya untuk mengontrol aktifiitas , guru dan siswa selama jam pelajaran di Sekolah. Ruang kontrolnya langsung dari ruangan Kepsek, dan ini meungkin satu-satunya sekolah di Kota Bitung yang memiliki seperti ini,” ujar Pandia lagi.
Prestasi Sekolah ini kata Pandia, boleh dibilang membanggakan karena selama 3 tahun berturut -turut dari 2009-2011, SMA 3 mewakili Sulut ke ke tingkat Nasional mengikuti Band pelajar Tingkat Nasional .
”Awalnya Sekolah ini Binaan Direktorat, Pendidikan berbasis Keunggulan lokal (PBKL) yang diseleksi dari 3 Sekolah di Sulut dan SMA 3 Bitung terpilih dengan menyisihkan SMA N 1 Manado dan SMA Negeri Tahuna,” ujarnya sembari menambahkan banyak Sekolah yang terkenal di Sulut datang melakukan studi banding tentang Manjemen adminitrasi dan lingkungan di SMA 3.
Namun diakui Pandia sekolah ini bukan tanpa kekurangan, masih banyak lagi yang harus dibenahi termasuk pembenahan sarana Infrastruktur dan saran penunjang program Pendidikan. Karena itu Pemerintah dan seluruh elemen masyarakat akan terus menopang agar sekolah ini semakin maju dan berkembang sehingga bisa menghasilkan SDM yang berkualitas, dan juga untuk menepis anggapan orang bahwa Sekolah di pelosok sekalipun dapat berprestasi dan dapat disejajarkan dengan Sekolah di perkotaan, asal semua elemen baik dari Pemerintah, Guru-guru, orang tua murid, Siswa dan mayarakat akan saling mendukung.
Teruslah berprestasi SMA 3 Bitung, buktikan kamu tidak pernah tertinggal dalam hal Pendidikan dan dapat berdiri sejajar dengan Sekolah yang ada di daratan kendatipun kamu berada di Pulau Lembeh yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan . (Aldy Monareh)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading