Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Pemerintahan

Mendagri Dukung Penegasan SHS Soal Mutasi Eselon II di Kabupaten/Kota

Staff Manado Today   |   11 Mei 2011 – 17:16 WITA

Manado Today – Penegasan Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang (SHS) soal reformasi birokrasi khususnya mutasi pejabat eselon II yang mengingatkan para Bupati/Walikota untuk tak melakukan non job, mendapat dukungan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fawzi. Hal itu disampaikan juru bicara Gubernur Sulut Christian Sumampouw SH MED.

Dikatakannya lagi, Mendagri juga menilai, warning yang diberikan Gubernur Sulut itu, berdasarkan aturan yang ada. Dan itu merupakan fungsi utama Gubernur yang adalah wakil pemerintah pusat di daerah.

‘’Memang untuk penempatan pejabat eselon II di Kabupaten/Kota, harus ada persetujuan Gubernur,” ungkap Sumampouw meneruskan penyampaian Mendagri.

SH Sarundajang

SH Sarundajang.

Lanjutnya mengatakan, dari pihak Mendagri juga sudah pernah menemukan kasus di salah satu daerah yang baru saja mengadakan pemilihan umum. Dimana, Bupati terpilih, langsung menonjobkan 12 pejabat eselon II tanpa alasan yang tepat.

‘’Jadi seperti itulah yang harus dilakukan oleh Gubernur, yang harus melakukan control bagi rolling pejabat di Kabupaten/Kota,” terang Sumampouw lagi.

Seperti diketahui, penegasan Gubernur Sulut mengenai rolling pejabat, dimana dirinya tak mau melihat ada pemberhentian jabatan terhadap seorang PNS dengan alasan yang tidak tepat. Kecuali, PNS tersebut sudah melakukan kesalahan berat.

“Saya tidak setuju kalau ada PNS yang diambil jabatannya tanpa memberikan jabatan yang lain. Tradisi seperti ini yang harus dirubah,’’ tegas SHS.

Selain itu, orang nomor satu di Sulut juga menjelaskan, sesuai aturan kepegawaian, pemberian non job pada PNS merupakan langkah paling akhir terhadap konsekuensi kesalahan berat.

“Jangan asal nonjobkan pejabat tanpa alasan kuat. Kecuali pejabat itu sudah melakukan kesalahan yang fatal,” pungkasnya. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading