Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

Mendagri Serahkan e-KTP Pertama di Indonesia

Aldi Mawitjere   |   30 November 2011 – 21:27 WITA

Mangindaan Jadi Operator

e KTP Pertama di Indonesia

Ai jadi operator khusus disaksikan Mendagri dan Walikota

Manado, MTC – Penyerahan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) secara simbolis oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Rabu (30/11/2011) di Kecamatan Tikala, Manado, Sulut merupakan pemegang e-KTP pertama di seluruh Indonesia.
Dimana tiga warga Kecamatan Tikala yang mendapat kesempatan e-KTP nya yang diserahkan langsung Mendagri yakni Johana Wongkar dan Anny Rarungkuan dan Stevanus Seba.
Ketiganya telah melakukan perekaman data e-KTP sejak dua minggu lalu setelah mendapatkan kartu undangan dari Pemerintah.
“Kami datang ke kantor Kecamatan untuk melakukan pendataan karena mendapatkan undangan dari kelurahan sejak 15 hari yang lalu. Kami kaget ketika mendapat penghargaan menjadi orang pertama yang memperoleh e-KTP,” ujar Wongkar yang didampingi Rarungkuan dan Seba.
Menariknya, Wakil Walikota Manado Harley Mangindaan SE MSM bertindak selaku operator e-KTP yang ditrainning khusus dalam peluncuran e-KTP pertama di Indonesia.
Mendagri Gamawan Fauzi mengatakan, Johana Wongkar, Anny Rarungkuan dan Stevanus Seba adalah orang pertama penerima e-KTP diseluruh Indonesia.
“Manado adalah kota pertama penerima KTP elektronik di seluruh Indonesia. E-KTP itu adalah KTP tunggal yang akan digunakan untuk apa saja untuk seluruh pemegang e-KTP,” jelas Fauzi.
Harapan kedepan agar e-KTP di Manado yang baru 20 persen itu dapat dimaksimalkan hingga akhir bulan Desember mendatang. Kalau pun bisa ditambah peralatannya sehingga target tercapai.
“Andaikata targetnya tidak tercapai, maka kami sedang mengadakan rapat apa mungkin bisa diperpanjang sampe bulan Maret,” ucapnya lagi.
Mendagri menambahkan, karena ini program Multi Years, tentu ada resiko-resiko yang harus diperbaiki dulu, baik dari aspek administrasi maupun keuangan.
Hanya saja, Mendagri minta kepada pemerintah kabupaten/kota khususnya Camat seluruh Indonesia, yang tahun ini masuk dalam target 67 juta, agar supaya memaksimalkan sampai akhir Desember 2011.
Pihaknya juga sedang melakukan evaluasi, kalau memang dimungkinkan Manado akan ditambahkan alat e-KTP.
“Semua daerah kota besar, meminta penambahan alat sampai di kelurahan. Sehingga pelayanan itu tidak terpusat di kantor kecamatan,” ujarnya.
Lanjut Fauzi lagi, pihaknya sudah menambah 2300 alat tambahan walaupun basic-nya di Kecamatan, tetapi untuk beberapa kota sudah ditambahkan lagi hingga di kelurahan untuk mengejar target tahun ini.
Seperti diketahui, data di Dinas Catatan Sipil Manado, wajib KTP di Manado berjumlah 360.390 orang dimana 50.619 diantaranya sudah melakukan perekaman data untuk mendapatkan e-KTP.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading