Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

Mendagri Stop Pemekaran Desa/Kelurahan

Tonny Sumakul   |   3 Oktober 2012 – 08:20 WITA
Mendagri Stop Pemekaran Desa/Kelurahan

Asisten I Mecky Onibala didampingi Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Noldy Tendean

MANADO, (manadotoday.com) – Keinginan sejumlah Desa/Kelurahan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) untuk berdiri sendiri atau dimekarkan dari Desa/Keluarah induk, nampaknya harus bersabar dulu.

Pasalnya, berdasarkan surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gumawan Fauzi, No. 140/418/PMD, tanggal 13 januari 2012 tentang Moratorium Pemekaran Desa/Kelurahan.

“Dalam surat edaran moratorium itu, menjelaskan agar Bupati/Walikota se Indonesia berpedoman pada ketentuan-ketentuan penataan Desa dan Kelurahan, seperti Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 72 tahun 2005 tentang Desa, PP Nomor 73 Tahun 2005 tentang Kelurahan, Permendagri Nomor 28 Tahun 2006 tentang Pembentukan, Penghapusan, Penggabungan Desa dan Perubahan Status Desa menjadi Kelurahan, dan Permendagri Nomor 31 Tahun 2006 tentang Pembentukan, Penghapusan dan Penggabungan Kelurahan, dan atau melakukan penundaan sementara (moratorium) terhadap Pemekaran Desa dan Kelurahan di wilayahnya sampai ada ketentuan yang lebih,” ujar Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Sulut Mecky Onibala.

Dijelaskannya, moratorium tersebut juga, adalah dalam rangka penataan Desa/Kelurahan, sebagai garda terdepan dan ujung tombak pemerintah memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Artinya kita diminta untuk penataan administrasi desa/kelurahan, juga kecamatan agar lebih optimal,” tegas Onibala didampingi Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut, Dr. Noudy Tendean.

Ditambahkannya, untuk pemekaran Desa/Kelurahan, diharapkan untuk diberhentikan dulu, kecuali untuk daerah wilayah kepulauan, daerah-daerah terpencil, atau daerah perbatasan dengan negara lain

“Tapi itu juga harus dilakukan kajian yang matang,” pungkasnya. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading