Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Meningkat, Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Sulut

Redaksi Manado Today   |   11 Maret 2011 – 08:31 WITA

Manado Today – Tingkat kepatuhan wajib pajak di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengalami peningkatan cukup tinggi, untuk wajib pajak orang pribadi naik menjadi menjadi 64,87 persen dari sebelumnya 36,92 persen dan wajib badan 28,64 persen dari sebelumnya 22,27 persen.

“Peningkatan tingkat kepatuhan wajib pajak tersebut diikuti peningkatan penerimaan pajak tahun 2010 menjadi Rp1,52 triliun tumbuh 15,28 persen dibandingkan tahun sebelumnya dan tumbuh 0,5 persen dibanding target tahun tersebut sebesar Rp1,51 triliun,” kata Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Suluttenggo dan Malut, Bambang Basuki pada Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Tahun Pajak 2010 di Manado.

Bambang mengatakan, penerimaan pajak tersebut terdorong juga oleh peningkatan jumlah wajib pajak dimana hingga 2010 tercatat mencapai 194.871 wajib pajak, tumbuh sebesar 44,3 persen dibandingkan tahun 2009 hanya 134.045 wajib pajak.

“Masyarakat Sulut semakin menyadari arti pentingnya pajak, dan ini tak lepas dukungan dari berbagai stakeholder di provinsi hingga kabupaten/kota, karena itu baik tingkat kepatuhan maupun jumlah wajib pajak tersebut terus bertambah,” kata Bambang.

Tahun 2011 ini, ditargetkan penerimaan untuk semua jenis pajak bisa meningkat Rp1,78 triliun, atau tumbuh 17,01 persen dibandingkan tahun 2010 sebesar Rp1,52 triliun.

“Dibandingkan dengan transfer dana dari pemerintah pusat sebesar Rp11,94 triliun, maka dengan penerimaan pajak sebesar ini berarti Sulut masih menerima subsidi sebesar Rp10,16 triliun,” kata Bambang.

Sulut mampu membangun dirinya sendiri mandiri dengan meningkatkan penerimaan pajak, untuk itu diharapkan peran aktif dari seluruh instansi terkait dan masyarakat luas dalam membayar kewajibannya. (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading