Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Menko Kesra Buka Pacific Patnership 2012 di Sulut

Tonny Sumakul   |   1 Juni 2012 – 21:08 WITA
Rear Admirer US Navy

Foto bersama Menko Kesra dengan Rear Admirer US Navy

MANADO, (manadotoday.com) – Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono, secara resmi membuka kegiatan Pacific Partnership 2012 yang dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Dalam kegiatan pembukaan yang berlangsung di Kawasan Mega Mas, Jumat (1/6), diawali dengan sambutan dari Rear Admirer McQuilkin.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk menjalin hubungan dan mempererat kerja sama antara Indonesia dan Amerika, terlebih di bidang penanggulangan bencana.

“Kami ucapkan terima kasih pada pemerintah Indonesia, yag sudah memberikan apresiasi atas kegiatan ini,” ujarnya.

Kata dia, dalam kegiatan ini pihaknya menghadirkan USNS Mercy, untuk memberikan pelayanan pengobatan, ke masyarakat Sulut.

“Kami juga akan melakukan misi kemanusiaan lainnya, seperti membantu pembangunan sarana kesehatan di wilayah Sulut,”ungkap McQuilkin.

Sementara itu, Menkokesra Agung Laksono dalam sambutannya, mengatakan bahwa pelaksanaan Pacific Partnership 2012 ini, adalah kegiatan yang penting untuk Indonesia khususnya wilayah Sulut.

Menurutnya lagi, kegiatan ini adalah lanjutan dari kegiatan ARF Direx yang dilaksanakan juga di Sulut tahun lalu.

“Kegiatan latihan penanggulangan bencana ini sangat berguna untuk kita, sebagai Negara yang rawan bencana. Artinya, lewat kegiatan ini masyarakat nantinya akan belajar soal sikap tanggap darurat, jika sewaktu-waktu benacan itu terjadi,” ujar Menteri.

Lajutnya mengatakan, kehadiran juga dari kapal USNS Mercy, memang telah populer di Indonesia. Sebab, kapal rumah sakit terbesar itu, sudah juga pernah ambil bagian saat Indonesia mengalami bencana alam tsunami yang terjadi di Aceh.

“Kapal ini banyak membantu warga saat di Aceh mengalami bencana tsunami lalu,” kata Menteri.

Kata dia lagi, alasan dipilihnya Sulut sebagai tempat kegiatan Pacific Patnership 2012, karena daerah ini juga merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang rawan bencana.

“Daerah ini sering alami bencana, termasuk rawan tsunami. Artinya, sangat baik jika daerah ini menjadi tempat pelatihan penanggulangan bencana alam,” tadasnya.

Sementara Gubernur Sulut Dr. Sinyo H Sarundajang (SHS), mengatakan bahwa Sulut menjadi tuan rumah Pacific Partnership 2012, menyusul suksesnya daerah ini menggelar kegiatan ARF Direx lalu.

“Pada perencanaan kegiatan ini, saya diundang ke San Diego oleh US Navy, dan mereka menjelaskan terkait renacana pelaksaaan kegiatan ini,” ungkap Sarundajang.

Setelah upacara pembukaan, dilanjutkan dengan defile pendukung kegiatan Pacific Patnership 2012, termasuk para awak USNS Mercy. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading