Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

Menko Perekonomian Buka Rakernas BKPRN

Manado Today   |   30 November 2011 – 15:15 WITA
Menko Perekonomian Buka Rakernas BKPRN

Menko Perekonomian saat buka rakernas BKPRN

Manado, MTC – Menteri Koordinator Perekonomian RI, Hatta Radjasa, membuka pelaksanaan rapat kerja nasional (Rakernas) Badan Koordinasi Pemetaan Ruang Nasional (BKPRN), yang dilaksanakan di Grand Kawanua Convention Center (GKIC) Kairagi Manado, Rabu (30/11/2011).

Dalam pertemuan yang dihadiri juga, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gumawan Fauzi dan Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto, dalam sambutan Menko Perekonomian mengatakan, pembahasan tata ruang baik tingkat Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota, sangat penting. Sebab, pembentukan tata ruang itu, berpengaruh dalam percepatan pembangunan ekonomi nasional.

“Memang juga saat ini pembangunan perekonomian Indonesia sedang menunjukkan trend peningkatan. Hal itu dipengaruhi bertumbuhnya kawasan Asia Pacifik sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi Dunia, dimana Indonesia sebagai salah satu epicentrum utama dikawasan Asia Tenggara,” tukas Ketua BKPRN itu.

Disampaikannya lagi, pembangunan tata ruang harus dipertahankan, dengan konsep pembangunan yang terarah dan terencana dengan baik.

“Penataan tata ruang itu penting, agar pengembangan kawasan-kawasan pengembangan ekonomi, pertanian, konservasi hutan dan kawasan pemukiman, akan terencana dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana kegiatan itu, yakni Sekjen Kemendagri Diah Anggraeni,  mengatakan bahwa rapat kerja tersebut, akan berlangsung hingga 1 Desember 2011 besok.

“Agenda Rapat Kerja Nasional ini akan membahas tentang, perumusan tatakelola penyelenggaraan tata ruang, pengembangan kelembagaan perangkat peraturan pendukung tata ruang, sinergitas program tata ruang nasional dan daerah, serta pengelolaan permasalahan yang berkaitan dengan tata ruang,” terangnya.

Ia menambahkan, untuk pembawah materi dalam rakernas it, yakni Mendagri RI, Gamawan Fawzi dan Menteri PU Djoko Kirmanto yang juga hadir dalam acara pembukaan.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sulawesi Utara Dr. Sinyo Harry Sarundajang, mengatakan, pihaknya sendiri dalam menunjang tata ruang pengembagan ekonomi dalam Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2015,  tengah  mempersiapkan beberapa megaproyek, diataranya  pembangunan Jalan Tol Manado Bitung, pengembangan Pelabuhan Bitung dan Bandara Sam Ratulangi sebagai Hub Port, pengembangan Kota Bitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) atau Special Economic Zone, dan persiapan pembangunan rel kereta api trans Sulawesi.

“Kami juga berupaya mendisain pembangunan perekonomian lewat sector Tourism sebagai Leading Sector,” ujar Sarundajang.

Diketahui, kegiatan tersebut diikuti para Gubernur Seluruh Indonesia, Ketua DPRD seluruh Indonesia, Kepala Bappeda, Kepala Dinas PU/ Tata Ruang, Kimpraswil, Dinas Kehutanan, Kepala BPLH, dan Kepala Biro Hukum Provinsi seluruh Indonesia, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan dari 7 Provinsi Kepulauan, serta  Bupati/Walikota di wilayah Sulut. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading