Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Menkokesra: Perkuat Ketahanan Pangan di Sulut

Redaksi Manado Today   |   13 Maret 2011 – 13:57 WITA

Manado Today – Menko Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Agung Laksono mengingatkan sejumlah daerah, untuk memperhatikan kemandirian pangan seiring dengan ancaman pemanasan global.

“Perkuat ketahanan pangan di daerah, sehingga ancaman rawan pangan bisa diantisipasi sedini mungkin,” kata Menko Kesra, pada saat Musda Kosgoro 1957 Sulut, di Manado, Minggu siang.

Daerah harus memperhatikan diversifikasi tanaman pangan, terutama yang menjadi kebutuhan utama konsumsi sehari-hari masyarakat Indonesia. Menurutnya, sejumlah negara yang turut mengimpor beras ke Indonesia, seperti Thailand dan Vietman, mulai membatasi pengiriman ke Indonesia, karena mereka juga turut menjaga ketahanan pangan yang ada.

Indonesia merupakan daerah agraris diharapkan terus menggalakkan diversifikasi pertanian, dengan berharap ada upaya dan terobosan dari pemerintah daerah menggencarkan program itu.

Sementara itu, ancaman lainnya terkait pasokan energi dan bahan bakar minyak yang mulai mahal dan sulit diantisipasi dampaknya. Menurutnya, Pemerintah Indonesia sementara mengkaji program bahan bakar yang tidak memberatkan masyarakat namun di satu sisi lain tidak memberatkan kondisi keuangan negara.

Program bahan bakar nabati melalui tanaman-tanaman menghasilkan energi, sebaiknya digalakan di daerah. (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading