Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Menkop Syarifuddin Hasan Dapat Gelar Adat Banaung Lahiwoi Nusa

Tonny Sumakul   |   2 Februari 2012 – 08:52 WITA

Manado (manadotoday.com) – Dalam pelaksanaan upacara Tulude yang berlangsung di Kabupaten Sangihe, Selasa kemarin, Menteri Koperasi dan UMKM RI, Syarifuddin Hasan, menerima gelar adat Banaung Lahiwoi Nusa yang bermakna Pemimpin Yang Memiliki Rasa Peduli Tinggi Sekaligus Menjadi Pengayom Bagi Masyarakat Seluruh Nusantara.
Menurut jurubicara Pemprov Sulut, Christian Sumampow SH Med, pemberian gelar ada tersebut, ditandai dengan pemasanga atribut dari Ketua Badan Adat Sangihe, Drs. O.K. Makagansa, M.Si, yang sebelumnya juga dilakukan pembacaan Keputusan Komolang Menanireda Tundung Tampunganglawo (Badan Adat Kabupaten Kepulauan Sangihe) tentang pemberian gelar adat.
Dikatakan Sumampow, dalam pemberian gelar ada tersebut, selain Menkop, yang menerima gelar ada juga diantaranya, Wakil Gubernur Dr. Djouhari Kasil MPd, dengan gelar adat Metia Lambung Mepudu Nusa, yang bermakna pemimpin yang sangat menghargai dan menjunjung tinggi harkat dan martabat daerah tercinta, sehingga diharapkan menjadi tiang penyangga dan harapan masa depan masyarakat.
Sementara untuk Anggota DPR-RI utusan Sulut, Olly Dondokambey, menerima gelar ada Pinuaheng Bulaeng Mamenongkati, yang bermakna cahaya atau sinar emas dari utara. Anggota DPR-RI Sulut lainnya, Yasti Soepredjo, menerima gelar adat Dedale Menenoneng Kaeng Balirane, yang bermakna tokoh yang dipercaya penyambung lidah masyarakat. Dan untuk Anggota DPD-RI utusan Sulut, Aryanthi Baramuli Putri, menerima gelar adat Diamanti Liung Tulumang, yang bermakna putri Sangihe yang menjadi kebanggaan dan harapan masyarakat.
Menurut Sumampow mengutip pernyataan Menkop Syarifuddin Hasan, bahwa dirinya sangat bangga atas penghargaan gelar yang diberikan oleh adat Sangihe tersebut.
“Ini adalah penghargaan tertinggi yang pernah saya terima. Amanah ini sangat luar biasa, dan saya akan berjuang bersama rakyat Sangihe, untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat,” kata Sumampow mengutip pernyataan Menkop.
Sementara itu, Menkop juga berpesan kepada pemerintah dan masyarakat Sangihe, untuk terus melestarikan budaya leluhur, terlebih yang mengandung nilai-nilai positif bagi kehidupan, sebagai daerah garda terdepan Indonesia, yang berada di Nusantara. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading