Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Menkumham : Banyak Perda Dibentuk Bertentangan dengan UU

Tonny Sumakul   |   17 Juli 2012 – 16:26 WITA
Menkumham di Sulut

Kunjungan Menkumham di Pemprov Sulut

MANADO, (manadotoday.com) – Menteri Hukum dan HAM Dr. Amir Syamsudinm SH.MH, menyatakan, jika banyak Peraturan Daerah (Perda) di Indonesia, dibentuk namun bertentangan dengan Peraturan Perundang-undangan.

“Ya, banyak Perda dibentuk tak sesuai Undag-undang yang berlaku, serta tak berpihak pada kepentingan umum, dan tak bernuansa Hak Asasi Manuasi (HAM),” ungkap Menteri saat kunjungannya di Manado, pada acara pengukuhan Panitia Rencana Aksi Nasional Hak Azasi Manusia (Ranham) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Menurutnya, pembentukan Perda yang dimaksud, dikarenakan nuansa Otonomi Daerah (Otda), yang memberi warna tersendiri dalam penyelenggaraan sistem Pemerintahan  di Indonesia.

“Suatu kewenangan melekat pada Otda, adalah membentuk Perda. Otda ini, dimana daerah diberi hak, wewenang dan kewajiban untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan, juga kepentingan masyarakat. Namun, adanya Otda, banyak yang membuat Perda tak berpihak pada kepentingan umum,” tandasnya.

Lanjutnya menyampaikan, akibat Perda yang bertentangan dengan perundang-undangan, pihaknya melalui Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan, harus mengusulkan ribuan Perda yang dinilai bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

“Hal ini tentunya mempengaruhi jalannya roda pemerintahan daerah, serta menimbulkan ketidakpasttian hukum dalam masyarakat,” terangnya.

Kata Menteri lagi, Kemenkumham melalui Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di Daerah, akan mencoba membangun kerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dalam bidang legislasi daerah.

“Ini dimaksud agar dipersiapkan juga tenaga-tenaga perancang peraturan perundang-undangan, yang siap untuk membantu dalam mempersiapkan dan membentuk Perda,” ungkap Menteri. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading