Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Menteri Ekonomi se-ASEAN Rapat di Manado

Staff Manado Today   |   4 Agustus 2011 – 09:22 WITA

Manado Today – Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) siap menjadi tuan rumah pelaksanaan pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN pada 10-14 Agustus 2011 mendatang.

“Manado sudah berkali-kali menjadi tempat pelaksanaan acara-acara berskala internasional, jadi kami tidak kaget, dan sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin sehingga bisa menjadi tuan rumah yang baik,” kata Wakil Wali Kota Manado, Harley Afredo Benfica Mangindaan, di Manado, Kamis.

Mangindaan mengatakan, persiapan-persiapan yang dilakukan antara lain dengan mengatur infrastuktur jalan dan menjaga keamanan kota sehingga para tamu akan merasa nyaman berada di sini. Serta menjaga arus lalu lintas supaya tetap lancar dan bisa membuat akses tamu ke tempat khususnya lokasi acara menjadi gampang.

Dikatakan Mangindaan, Manado tidak lagi kaget menjadi tuan rumah untuk acara besar, jadi tak ada yang perlu dikhawatirkan karena dari segi sarana dan prasarana sudah siap.

Bahkan ia mengatakan untuk kelancaran pemerintah akan mempertimbangkan apakah perlu ada pemberlakuan pergantian trayek hitam putih seperti saat pelaksanaan WOC lalu atau tidak.

“Yang paling penting adalah mengingatkan seluruh warga Manado bahwa kita adalah tuan rumah, sehingga harus menunjukan kebiasaan kita yakni sikap yang baik, ramah dan bersahabat terutama menjaga keamanan seperti yang selalu dilakukan selama ini, sehingga semua tamu merasa nyaman selama berada di Manado,” kata Mangindaan.

Para tokoh masyarakat Manado pun menyatakan sangat mendukung terlaksananya acara di kota itu karena dampaknya sangat besar bagi masyarakat Manado, dan pergerakan ekonomi menjadi cepat.

“Pendapatan rental mobil naik, taksi-taksi, lokasi wisata kuliner seperti tempat makan bubur Manado menjadi makin ramai dan omzetnya naik, souvenir khas Manado makin laku, hingga hotel-hotel penuh terisi dan masih banyak lagi,” kata ketua asosiasi pengemudi angkutan umum Indonesia Sulut Terry Umboh.

Sehingga ia mengatakan seluruh warga Manado pasti akan mendukung acara ini sebab akan mendatangkan keuntungan yang besar bagi kota dari berbagai sisi, mulai ekonomi hingga sosial karena karena makin diperhitungkan di Indonesia serta dunia internasional.

Pertemuan para Menteri Ekonomi ASEAN ini akan membahas perkembangan kerjasama ekonomi intra-ASEAN maupun antara ASEAN dengan mitra dialognya.

Pertemuan itu untuk pertama kalinya melibatkan Amerika Serikat (AS) dan Rusia, selain mitra lainnya seperti Australia, India, Jepang, Korea Selatan, Tiongkok dan Selandia Baru.

Pertemuan tersebut juga melibatkan dunia usaha, dan hasilnya akan menjadi rekomendasi untuk pertemuan para Kepala Negara ASEAN serta mitra di bulan November. ASEAN bersama delapan negara dialog seperti AS, Tiongkok, Jepang, Korea, India, Rusia, Australia dan New Zealand, yang akan hadir mewakili sekitar 43 persen dari perdagangan dunia pada tahun 2010, dan wilayah yang memiliki pertumbuhan tertinggi di tengah-tengah kondisi ekonomi dunia yang masih sulit. (ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading