Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa

Menteri Pertanian Panen Padi di Langowan

Tonny Sumakul   |   14 Juni 2012 – 21:20 WITA
panen padi di langowan

Menteri Pertanian, Gubernur, Kapolda dan Bupati Minahasa saat panen padi di Langowan

MANADO (manadotoday.com) – Menteri Pertanian RI Dr. Ir. H. Suswono, MMA, melakukan panen padi di areal persawahan Salwangko, Desa Lewet Wolaang, Kecamatan Langowan Timur, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (14/6).

Pada kesempatan itu, Menteri didampingi Gubernur Dr. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), didampingi Bupati Minahasa Drs. Stevanus Vreeke Runtu dan Kapolda Sulut.

Panen padi pada kesempatan itu, dilakukan untuk jenis padi inpari 13, dimana padi tersebut adalah jenis unggul yang tahan hama wereng, dan dapat menghasilkan hingga tujuh ton gabah per hektarnya.

Pada kesempatan itu, Menteri mengatakan bahwa Sulut merupakan salah satu daerah penting untuk pengembangan ketahanan pangan, dalam rangka penyediaan cadangan beras 10 juta ton hingga tahun 2015. Selain itu, walaupun belum termasuk sentra beras, namun daerah ini sudah mampu penyediaan cadangan beras sangat signifikan.

“Sulut adalah daerah penting untuk penyediaan cadangan beras nasional,” kata Menteri.

Lanjutnya menyampaikan, dengan tersedianya cadangan beras nasional 10 juta ton sampai 2015, tak perlu lagi akan mengimpor beras jika terjadi krisis beras.

“Saya juga yakin, jika Indonesia tak mungkin akan mengalami kekurangan pangan, sebab cadangan bahan pangan sangat cukup dan bervariasi,” ungkapnya.

Menurut Menteri lagi, menjadi penilaian jika kekurangan beras itu terjadi, hal itu lebih disebabkan kerusakan saluran irigasi serta keterbatasan lahan yang tersedia dengan menggunakan teknologi pertanian.

“Saya berharap Pemerintah daerah untuk tetap mempertahankan luasan lahan. Artinya, jangan ada lagi lahan persawahan untuk kepentingan lain, namun dioptimalkan produksinya untuk gunakan teknologi. Kalau bisa, lahan saat ini terus dikembangkan luasannya, dan Kementerian Pertanian akan siap membantu pengolahan lahan tersebut,” terang Menteri.

Sementara itu, Gubernur Sarundajang, mengatakan, untuk Sulut sendiri, telah menetapkan target pencapaian swasembada beras tahun 2014. Hal itu juga tentunya harus didukung semua pihak, terutama para petani dan Pemerintah Pusat.

Pada kesempatan itu, Menteri menyerahkan bantuan bibit, traktor, kepada perorangan dan kelompok tani di Langowan. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading