Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Menuju WTP 2012, Pemkot Manado Laksanakan Sistem Tender Elektronik

Aldi Mawitjere   |   28 September 2011 – 15:15 WITA
kantor walikota manado

Kantor Walikota Manado

Manado Today – Bagi sebagian masyarakat dan pengusaha, mengikuti tender atau pelelangan untuk pengadaan barang/jasa, memerlukan kerja ekstra dan kemampuan khusus. Dan diduga, untuk melobi para penentu kebijakan perlu juga disiapkan fasilitas dan sejumlah uang ‘pelicin’.

Mulai tahun 2012, Kondisi seperti ini secara bertahap dan berkesinambunan mulai diantisipasi Pemerintah Kota Manado. DR GS Vicky Lumentut selaku Walikota Manado di sela-sela kesibukannya mengikuti kegiatan Lemhannas, mengutus 17 Pejabat dan Staf Pemerintah Kota Manado mengikuti Workshop Pengelolaan Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Secara Elektronik (LPSE) di SME Tower Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Mantan Kadis PU Kota Bitung dan Kepala Biro Pembangunan serta Kadis SDA Pemprov Sulut ini menjelaskan salah satu upaya konkritnya adalah membenahi sistem pengadaan barang/jasa pemerintah.

“Saya dan Ai telah berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan publik melalui tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Tahun 2012 Pemkot Manado akan melaksanakannya secara elektronik/on-line. Sesuai Perpres 54 tahun 2010, semua pengadaan barang/jasa pemerintah, di atas nominal tertentu wajib melalui sarana seperti portal nasional LPSE dan portal pemerintah daerah,”jelas GSVL sapaan akrabnya.

Workshop yang berlangsung sejak 26-30 September 2011 diikuti PNS Pemkot pada instansi terkait, seperti Bagian Pembangunan, Bagian Aset, Dinas PU, DisTaKot, Dinas Diknas, Dinas Kominfo, dan Dinas ParBud, yang diproyeksikan sebagai Tim LPSE Pemerintah Kota Manado.

Menurut mantan Kabag Pembangunan DR Peter K B Assa ST PhD, yang memfasilitasi workshop, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam layanan pengadaan barang dan jasa pemerintah. “Secara bertahap dan terintegrasi, kami sudah dan sementara mempersiapkan infrastruktur dan SDM pengelola LPSE dengan berkoordinasi dengan LKPP.

Dengan pengelolaan lelang secara elektronik, semua tahapan mulai dari pendaftaran hingga pengumuman pemenang lelang akan dengan mudah diakses,” ujar Doktor Bartje panggilan akrabnya.

Pelak saja workshop berlangsung menarik di bawah bimbingan fasilitator LKPP melalui simulasi.

“Pak Walikota dan Wakil Walikota sudah menginstruksikan agar pelaksanakan LPSE di Kota Manado tidak hanya mengumumkan lelang tapi benar-benar melaksanakan seluruh proses secara akurat dan akuntabel. Dengan demikian target pengelolaan keuangan menuju opini WTP dapat tercapai,” ujar Frangky Kawatak, SE, Kepala Bagian Pembangunan Pemkot Manado sebagai Koordinator Program.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading