Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

Miliaran Bantuan Pusat ke Sangihe Diduga di Kebiri

Redaksi Manado Today   |   22 Maret 2012 – 22:54 WITA

TAHUNA (manadotoday.com) – Berbagai bantuan dana pemerintah pusat ke Kabupaten Sangihe dari beberapa lembaga kementrian, seperti Kementrian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal (KNPDT) dan Kementrian Pertanian dimana angkanya mencapai miliaran rupiah diduga kuat diselewengkan oknum-oknum tertentu.
Penegasan tersebut dikemukakan Johny Rompas, salah satu tokoh masyarakat Sangihe, kepada manadotoday Kamis (22/3/2012). Menurutnya, contoh bantuan yang diselewengkan itu berasal dari KNPDT Tahun Anggaran (TA) 2011 yakni pembuatan dua unit kapal di Kecamatan Tatoareng dan Kecamatan Tabukan Selatan, dimana hingga saat ini tidak diketahui keberadaannya, sementara dananya sudah cair 100 persen.
Demikian halnya dengan proyek Tugas Pembantuan (TP) di Dinas Pertanian Perkebuhan Peternakan dan Kehutanan (DP3K) Sangihe TA 2011 senilai Rp 4,3 miliar hingga saat ini tidak ada kejelasannya padahal danya sebesar Rp 4,3 miliar itu sudah ditarik semuanya oleh oknum Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan DP3K dari Kantor Perbendaharaan Negara (KPN) Tahuna, namun proyek TP berupa penanaman padi ladang dan ubi jalar di lahan sebesar 255 hektare di Kecamatan Tabukan Selatan Tenggara, Pintareng hingga saat ini tidak ada kejelasannya.
“Hal ini, patut mendapat perhatian serius dari pimpinan daerah. Jika pak Bupati benar-benar membangun daerah ini diluar dana APBD, maka kebiasaan sejumlah oknum pejabat maupun kontraktor yang kerap mencuri uang Negara harus diberikan sangsi tegas, kalau perlu pejabat seperti di DP3K dipecat, jika terbukti menyelewengkan dana proyek TP TA 2011 itu,” tegas Rompas, seraya meminta kepada aparat kepolisian maupun kejaksaan untuk mengusut tuntas kasus seperti itu. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading