Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa

Minahasa Kekurangan Tenaga Polhut

Staff Manado Today   |   4 Agustus 2011 – 22:44 WITA

Minahasa Today – Pemerintah Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, melalui Dinas Kehutanan akan mengusulkan penambahan polisi kehutanan (polhut) secara bertahap melalui pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS).

“Dinas Kehutanan masih kekurangan 25 tenaga polhut. Mudah-mudahan secara bertahap akan terpenuhi. Kami memang sudah mengusulkannya ke Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Kabupaten Minahasa,” ujar Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Minahasa Ir Wenny Talumewo.

Kondisi riil tenaga polhut sekarang ini hanya lima orang. Dibantu 12 tenaga lapangan. 17 personel ini akan mengawal sekitar 17.000-an hektar kawasan hutan yang masuk wilayah administrasi Pemkab Minahasa.

“Bila dilihat dari luasan, tidak proporsional. Kami hanya memiliki 17 personel. Sejatinya, satu tenaga polhut mengawal 100 hektare. Akan jadi persoalan kalau ada personil yang tidak masuk kerja karena berbagai alasan yang manusiawi. Kami berharap kondisi kekurangan personil seperti ini bisa teratasi,” jelasnya.

Mantan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa ini tak menampik bila masih ada pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di kawasan hutan.

Pencurian kayu dan perambahan kawasan hutan untuk dijadikan lahan pertanian, masih dilakukan. Karena itu menurutnya, kekurangan personel ini bisa ditutupi dengan memaksimalkan kelompok masyarakat yang tinggal di kawasan hutan.

“Ke-17 personel ini akan dibantu dengan warga masyarakat sekitar hutan. Bila tidak dibantu Dinas Kehutanan akan kewalahan karena memang aktivitas pencurian kayu masih ada,” katanya.

“Jadi semua potensi yang ada di masyarakat kami fungsikan. Kan semua upaya pengamanan kawasan hutan, hasilnya bisa dinikmati masyarakat pula. Bila hutan rusak, masyarakat pasti yang susah karena kesulitan air,” ujarnya.

Talumewo mencontohkan, di Desa Tumaratas, Kecamatan Langowan, Kabupaten Minahasa ada kelompok masyarakat yang menjaga kawasan hutan Kelelondey. Bila ada aktivitas perambahan atau pencurian kayu, akan ditegur.

“Konsep pengamanan swakarsa oleh kelompok masyarakat seperti inilah yang kami lakukan. Masyarakat diberi peran melakukan pengawasan pada batas-batas tertentu. Kalau ditemukan pelanggaran cukup berat semisal menebang kayu di kawasan hutan lindung, bisa dibawa ke proses hukum,” jelasnya.(ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

  • Fino mengatakan:

    tolong polisi kehutanan bisa bergerak cepat, karena Pecinta alam yang ingin Mendaki Klabat merasa terancam karena di pajak tolong minahasa bisa membuat lebih damai karena orang laikit telah membuat rusuh di klabat, mereka mengambil matras dan logis dan menodong dengan samurai.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading