Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Minim Sosialisasi, Pelabuhan Amurang Kurang Peminat

David Masengi   |   13 Juli 2012 – 18:30 WITA

AMURANG, (manadotoday.com) -Kendati sudah sejak bulan Mei 2012 lalu resmi beroperasi, namun hingga kini Pelabuhan Amurang yang melayani rute Toli-toli dan Tarakan hampir tidak diminati warga. Hal ini disebakan karena minimnya sosialisasi yang dilakukan oleh Pemkab Minsel khususnya Dinas Perhubungan.

Akibatnya, kapal yang masuk setiap dua kali seminggu ini, seringkali kosong.

”Minat dari warga maupun pengusaha jasa pengiriman barang asal Minsel memanfaatkan pelabuhan Amurang dengan menggunakan kapal berkapasitas 600 GT dengan muatan penumpang 250 orang, serta kendaraan 7 unit campuran dan barang seberat 5 hingga 6 ton, sangat kurang. Apalgi hari pelayaran dilakukan setiap hari Minggu yang bertepatan waktu ibadah,” ujar Harce warga Minsel salah satu sopir yang sering menggunakan jasa transportasi laut dengan membawa barang ke Kalimantan dan Sulawesi Tengah.

Selain itu katanya, harga tiket dianggap masih terlalu mahal.

”Dan memang Pemkab Minsel dalam hal ini Dinas Perhubungan minim dalam melakukan sosialisasi ke masyarakat, ” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Minsel Ishak Rey saat di mintai tanggapan membenarkan minimnya minat masyarakat memanfaatkan pelabuhan Amurang ini.

“Minat pengguna kapal Julung-Julung memang saat ini kurang di minati, tapi kami akan berupaya menggaet warga terutama pengusaha pengiriman barang untuk menggunakannya dengan terus melakukan sosialisasi. Bahkan, diusahakan mengumpulkan para pengusaha untuk mencari format yang tepat,” ujarnya.

Begitu juga soal harga sementara dikonsultasikan ke ASDP di Kemenhub, supaya diturunkan atau setidaknya mendapat diskon sebagai promosi.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading