Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Minimnya Anggaran Pra PON Jadi Kendala Prestasi Olahraga di Sulut

Staff Manado Today   |   30 Mei 2011 – 11:52 WITA

Manado Today – Anggaran persiapan pra Pekan Olahraga Nasional (PON) Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2011 sangat minim, dan diharapkan ada dukungan tambahan dari pihak terkait baik melalui bantuan pemerintah maupun pihak swasta.

“Pemerintah dan DPRD Sulut harus memikirkan persoalan ini, karena masalah anggaran sangat penting dalam menunjang prestasi olahraga di daerah,” demikian dikatakan salah satu pengurus KONI Sulut, James Sumendap di Manado, Minggu.

Menurut Sumendap yang juga anggota DPRD Sulut itu, pada APBD yang ditetapkan pada tahun 2011 ini anggaran yang menunjang persiapan dan pelaksanaan pra PON hanya sekitar Rp3,6 miliar.

Menurutnya, jika menghitung keinginan sejumlah cabang olahraga untuk berprestasi merebut jatah ke PON Riau XVIII tahun 2012 mendatang, tentunya anggaran tersebut sangat minim dan perlu lagi ditambah.

“Memang anggaran yang dibutuhkan idealnya enam hingga tujuh miliar, karena sangat banyak harus dipenuhi pada persiapan pra PON, termasuk akomodasi, transportasi, kebutuhan seragam kontingen dan sebagainya,” ujarnya.

Sementara itu, jajaran Pemerintah Provinsi Sulut mengakui anggaran yang dialokasikan itu minim, guna menunjang persiapan pra PON tahun 2011 yang diikuti daerah itu.

“Pada pra PON nanti memang banyak anggaran juga dibutuhkan, diantaranya pembinaan dan mencari atlit berprestasi guna dibawa ke PON Riau 2012,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulut, Roy Mewoh.

Pemprov Sulut sangat berharap semua cabang olahraga yang ingin berprestasi di PON mendatang, diharapkan mampu melewati semua tahapan kualifikasi pra PON yang digelar pada tahun 2011 ini.

“Pemprov Sulut memang sangat berharap dukungan dari lembaga wakil rakyat, karena mereka memiliki hak dan fungsi anggaran, sehingga ada tambahan nanti pada pra PON,” ujarnya.

Apalagi Provinsi Sulut sangat ingin mengembalikan kejayaan olahraga di tingkat nasional melalui PON 2012 mendatang, yang sempat terpuruk cukup lama dan sulit memberikan medali bagi daerah. (ann/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading