Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Minimnya Pengawasan, Pemicu Illegal Logging di Bitung

Aldy Monareh   |   19 Juli 2012 – 13:54 WITA

Butuh Polisi Kehutanan

BITUNG, (manadotoday.com) – Aksi pembalakan liar yang terus merajalela di Kota Bitung, disikapi oleh Ketua Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Sunny Kakauhe.

Menurutnya salah satu faktor penyebab maraknya aksi illegal logging di Kota Bitung adalah kurangnya pengawasan dan kontrol pemerintah dalam hal ini Dinas Pertanian, Kehutanan dan Tanaman Pangan.

”Harusnya ada pengawasan dari Polisi Kehutanan berkoordinasi dengan aparat Kepolisian dan pemerintah setempat agar aksi pembalakan liar tidak akan terjadi,” tandas Sunny Kakauhe.

Menurutnya dampak negatif dari pembalakan liar jika tidak dilakukan antisipasi atau tindakan tegas, sangat besar.

”Harus ada tindakan tegas aparat terkait.Saat ini mungkin kita belum rasakan akibatnya. Tapi sayang yang akan menerima akibat buruk dari illegal logging saat ini, anak cucu kita nanti,” ketusnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan Ir Lusye Macalawang, ketika dikonfirmasi terkait tidak adanya pengawasan yang dilakukan Dinas Kehutanan Bitung terhadap Illegal Logging, mengakui bahwa saat ini pihaknya memang tidak bisa mengawasi aksi pembalakan liar yang terjadi, karena tidak ada Polisi hutan dan PPNS Kehutanan di instansi yang ia pimpin.

”Saat ini kami tidak memiliki personil Polisi Kehutanan. Jadi tidak ada pengawasan yang dilakukan terhadap 13 Ribu hektar hutan di Kota Bitung.Ini mungkin yang membuat aksi pembalakan hutan di Kota Bitung terus terjadi,” ujarnya.

Namun demikian kata Macalawang, setelah dilakukan evaluasi bebab kerja, pihaknya kemudian mengusulkan penambahan sedikitnya 5 Polisi Kehutanan yang akan bertugas mengawasi lokasi Hutan di Kota Bitung.

”Sudah diusulkan mudah-mudahan dipenuhi,” ujarnya sembari menghimbau agar warga Kota Bitung sadar akan kelestarian lingkungan dengan tidak melakukan perambahan hutan atau aksi Illegal Logging. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading