Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Minta Kepsek Diganti, Dana BOS SD GMIM Amurang Diduga tak Beres

Manado Today   |   9 Februari 2011 – 20:16 WITA

Amurang Today – Untuk Penyaluran Dana Operasional Sekolah (BOS), di sejumlah sekolah yang ada di kabupaten Minsel diantaranya SD GMIM Amurang diduga tidak beres. Pasalnya, mulai dari proses pencairan hingga pemanfaatan, tidak dibeberkan secara transparan oleh pengelolah dalam hal ini oknum kepala sekolah.Sejumlah orang tua murid yang meminta namanya tak disebut, mengatakan seharusnya itu harus sesuai aturan, dan mereka mempertanyakan jumlah dan proses pemanfaatan dana tersebut.

“Kepsek dan pihak sekolah seharusnya membeberkan secara transparan jumlah dana Bos dan proses penyaluran hingga pemanfaatan dana tersebut,” ujar mereka.

Sementara itu tokoh masyarakat dan pemerhati pendidikan Minsel,  Henly Tuela kepada manadotoday.com Rabu (09/02/2011) mengatakan, untuk penyaluran dan pemanfaatan dana BOS perlu dikontrol dan diawasi dalam hal ini DPRD Minsel, sebagai lembaga yang berfungsi untuk melakukan pengawasan, serta diminta turun tangan melihat langsung persoalan proses penyaluran dan pemanfaatan dana BOS.

Ia menambahkan, instansi terkait dalam hal ini Diknaspora agar turun tangan melakukan pengawasan. Demikian dengan inspektorat, kepolisian dan kejaksaan agar segera melakukan pemeriksaan secara detail mengenai pemanfaatan uang negara yang sudah digunakan oleh sejumlah sekolah termasuk di SD GMIM Amurang.

“Sampai saat ini ada sejumlah sekolah penerima BOS tidak transparan dalam pengelolaan atau pemanfaatan, kalau tidak transparan sebaiknya kepala sekolah diganti saja,” ujarnya.

Sementara itu kepala sekolah SD GMIM Amurang yang berusaha dikonfirmasi disekolahnya belum berhasil ditemui.

Terpisah Kepala Diknaspora Minsel Drs J Ratu, kepada beberapa wartawan mengatakan, sesuai aturan penyaluran, jumlah dan pemanfaatan dana BOS, masing-masing sekolah penerima harus dilakukan secara transparan.

“Untuk pemanfaatan BOS di masing-masing sekolah harus diumumkan dipapan pengumuman sekolah,” tandasnya. (dvd)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading