Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Utara

Minut Intensifkan Komoditi Rumput Laut

Staff Manado Today   |   10 Juli 2011 – 11:03 WITA

Airmadidi Today – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara mengembangkan produksi rumput laut untuk memenuhi pasaran global.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Minahasa Utara Roni Siwi, Sabtu mengatakan, rumput laut penting dalam meningkatkan ekonomi saat ini.

“Selain memberikan peluang usaha demi kesejahteraan petani, produksi rumput laut ini pun sebagai modal dalam memenuhi kebutuhan pasar lokal, nasional bahkan mancanegara,” katanya.

Siwi mengatakan, pengelolaan rumput laut merupakan bisnis yang menguntungkan bagi masyarakat khususnya para petani.

“Bukan tidak mungkin ekonomi maupun pendapatan asli daerah (PAD) akan meningkat seiring kesadaran masyarakat betapa pentingnya memproduksi rumput laut,” ujarnya.

Dengan demikian, Siwi berharap bila usaha rumput laut yang ada di Minahasa Utara mampu dikembangkan lewat tangan-tangan para petani handal.

Pemkab Minahasa Utara, dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan. lanjut Siwi, menargetkan produksi rumput laut hingga mencapai 100 ton per bulan.

“Target tersebut melalui pemberian bantuan bagi para petani dalam hal ini bantuan tali sebagai perekat rumput laut tersebut, namun untuk bibitnya harus disiapkan oleh petani itu sendiri, sebagai wujud rasa tanggung jawab,” katanya.

Adapun produksi rumput laut yang ada saat ini dikatakan Siwi, baru mencapai 62 ton per bulan, itu masih dalam tahap produksi rumput laut kering.

“Melalui itulah sehingga kami dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan, akan menggenjot produksi rumput laut hingga mencapai target produksi 100 ton per bulan,” ujarnya.

Sementara untuk harga rumput laut yang dijual dari berbagai jenis di Minahasa Utara sangat bervariasi.

“Rumput laut jenis cotoni misalnya, dijual dengan harga Rp10.000 per kilogram dan rumput laut jenis spinozum, dijual dengan harga Rp3.600 per kilogram,” katanya. (ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading