Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Utara

Minut Terima Bantuan Pengembangan Rumput laut

Staff Manado Today   |   2 Agustus 2011 – 14:50 WITA

Airmadidi Today – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara mendapatkan kucuran dana dari Kementerian Kelautan dan Perikanan sebesar Rp1,2 miliar untuk pengembangan dan budi daya rumput laut.

“Bantuan sebesar Rp1,2 miliar tersebut sebagai salah satu kegiatan menopang daerah Minahasa Utara sebagai kawasan minapolitan,” ujar Kepala Dinas Perikanan Minahasa Utara, Roni Siwi, di Minahasa Utara.

Ia mengatakan bahwa bantuan itu pun masih sebatas pembudidayaan rumput laut..

“Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 2012 nanti, di mana bantuan yang diberikan berorientasi pada budi daya rumput laut,” katanya menegaskan.

Menurut dia, produksi rumput laut di Minahasa Utara sampai saat ini baru mencapai 60 ton kering per bulannya.

“Kami dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara akan menunjang pemberdayaan produksi rumput laut hingga mencapai 80 ton produksi per bulan,” katanya menambahkan.

Dalam pengelolaan rumput laut tersebut, kata Siwi, pihaknya terus memberdayakan usaha kecil menengah (UKM) yang ada di daerah sekitarnya.

“Daerah pengelolaan rumput laut tersebut, berada di wilayah pulau Mantehage, Naen, Gangga, Bangka maupun Talise,” ujarnya.

Pihaknya berharap budi daya rumput laut tersebut akan memberikan dampak baik bagi Kabupaten Minahasa Utara.

“Selain meningkatkan pendapatan asli daerah, melalui budi daya rumput laut ini juga akan meningkatkan perekonomian bagi masyarakat, khususnya penambak rumput laut,” katanya menambahkan.

Roni Siwi mengatakan bahwa pada 2012 nanti Kabupaten Minahasa Utara diharapkan akan menjadi daerah percontohan kawasan minapolitan. (ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading