Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan, Product Promosi

Harga Minyak Dunia Naik, Tonasa Tetap Aman

Redaksi Manado Today   |   27 Februari 2011 – 02:39 WITA
Manado Today – Kenaikan minyak dunia di atas 100 dolar AS per barrel dampak pergolakan politik di Libya, belum mempengaruhi operasional pabrik semen di Indonesia.
“Komponen biaya operasional pabrik semen lebih banyak untuk pengadaan energi dari batubara, kalau bahan bakar minyak (BBM) relatif kecil, makanya belum berdampak pada operasional pabrik,” kata Kepala Departemen Pemasaran PT Semen Tonasa, Abdul Rachmat Noer di Manado, Sabtu (26/2).
Abdul mengatakan, komposisi BBM terhadap operasional pabrik hanya berkisar lima persen, sedangkan batubara sekitar 20 persen, karena itu pabrik akan lebih khawatirkan bila batubara mengalami kenaikan tajam.
“Kecuali kalau harga minyak dunia tiba-tiba tak terkendali melampaui 150 dolar AS per barrel misalnya, maka pabrik semen pasti tidak bisa menolak dampak yang bakal ditimbulkan terutama masalah harga jual,” kata Abdul.
Pabrik semen, kata Abdul sudah sering merasakan kenaikan harga minyak industri, dan selama ini masih mampu mengatasinya, makanya kenaikan harga minyak di pasar internasional saat ini tidak mempengaruhi produksi.
“Hampir setiap bulan, BBM industri naik, tetapi pabrik berusaha tidak menaikkan harga jual, tetapi kalau batubara yang bergejolak, tidak bisa mengelak,” kata Abdul.
PT Semen Tonasa menargetkan penjualan semen pada tahun 2011 mampu capai 4.260.000 ton dipasok di wilayah kawasan timur Indonesia.
“Jumlah tersebut berarti tumbuh 15-20 persen dibandingkan realisasi tahun lalu, dan optimistis mampu tercapai melihat pergerakan ekonomi di kawasan timur Indonesia terus membaik,” kata Abdul.(ann/her)
Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading