Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Mitra Akan Jadi Produsen Garam

Staff Manado Today   |   17 Juli 2011 – 16:50 WITA

Ratahan Today – Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dalam waktu dekat ini akan segera memproduksi garam. Bahan dapur tersebut bukan diproduksi oleh perusahaan, tapi masyarakat lewat Program Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (PUGAR).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Ir Elly Sangian ME mengatakan, tahap awal untuk persiapan produksi garam sudah dilakukan melalui sosialisasi program PUGAR di Bentenan Lecamatan Pusomaen.

“Sosialisasi ini diberikan bekalan teknis-teknis pengusulan, pencairan dan pengolahan hasil oleh kelompok yang sudah diverifikasi dan dikukuhkan,’’ katanya.

Menurut mantan Kabag Umum Setdakab ini, Mitra akan menjadi percontohan di Sulawesi Utara. Ada 6 kelompok yang akan mendapat bantuan anggaran dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI sebesar Rp 600 juta.

“Kalau produksi garam sudah berjalan, dampaknya akan dirasakan langsung masyarakat. Dengan demikian akan terjadi peningkatan ekonomi, ” papar Magister Ekonomi jebolan Unsrat ini.

Selain kegiatan sosialisasi di waktu bersamaan, tim DKP Sulut menggelar kegiatan roadshow sinkronisasi program DKP provinsi dengan kabupaten/kota. Tim DKP Sulut dipimpin Ir Roy Rawis, Kabid penangkapan dan P2HP dan Ir Heidy Malingkas MSi, Kabid Pengkajian dan Pengembangan. Program yang disingkronkan bersumber dari dana Dana Alokasi Khusus (DAK), Tugas Pembantuan (TP) dan Dekonsentrasi tahun anggaran 2011/2012.

Dinas DKP Mitra menyampaikan terima kasih kepada Kadis DKP Sulut Ir Joy Korah MSi yang telah menurunkan tim untuk melihat kebutuhan Kabupaten Mitra di bidang kelautan dan perikanan.

‘’Kebutuhan ini akan diusulkan ke kementerian kelautan dan perikanan, “pungkas Sangian. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading