Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Mitra Jadi Percontohan Produksi Garam

Staff Manado Today   |   10 Agustus 2011 – 18:04 WITA

Ratahan Today – Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) kembali mendapatkan kucuran dana bantuan dari Pemerintah Pusat. Kali ini enam kelompok pengembangan usaha garam rakyat (PUGAR) yang mendapatkan bantuan dengan nilai total Rp 300 juta dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Bantuan ini merupakan bagian menjadikan Mitra sebagai pilot project atau percontohan pengembangan garam.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mitra, Ir Elly Sangian ME menjelaskan, enam kelompok ini tersebar di sejumlah desa, yakni Bentenan, Timbak, Tumbak Ma-dani, Minanga III, Molompar Timur dan Molompar. “Kita hanya melakukan seleksi dan mengusulkan kelompok penerima, sedangkan bantuan langsung dari pemerintah pusat langsung ke rekening kelompok. Saat ini masing-masing kelompok sementara mengurus pencairan dana itu,” terangnya.

Dalam proposal bantuan dari masing-masing kelompok, kata Sangian, jika sudah nanti ber-produksi ditargetkan setiap ke-lompok mampu menghasilkan 400 kg garam per hari atau 12 ton per bulan. Kalau ada enam kelompok, maka per bulannya ada sekitar 72 ton garam yang dihasilkan. “Ini artinya kalau program ini berhasil maka Mitra akan mejadi produsen garam untuk Sulut, karena program ini baru pertama di Sulut dan Mitra menjadi per-contohan,” urainya.

Selain akan mendampingi se-tiap kelompok dalam program PUGAR ini, tambah Sangian, pihaknya sementara menjajaki pihak ketiga yang nantinya menjadi pembeli/penampung hasil produksi garam dari enam kelompok ini. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading