Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Mitra Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Staff Manado Today   |   2 Juli 2011 – 16:48 WITA

Ratahan Today – Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Minahasa Tenggara (Mitra) Drs Freddy Lendo mewakili bupati menghadiri peringatan hari lingkungan hidup sedunia tingkat kabupaten Minahasa Tenggara tahun 2011 bertempat di lokasi perkantoran blok B Kelurahan Wawali Pasan.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Mitra Ir Denny Porajow MSi didampingi ketua panitia HLH 2011 Iriansi Tolu SKM dan sekretaris Arce Kalalo,SH dalam laporan kegiatan menyampaikan dasar pelaksanaan kegiatan adalah Instruksi Mendagri No.003.3/1567/83 tentang Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2011. Sementara tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2011 adalah ”Forest Nature at Your Service” atau Hutan Penyangga Kehidupan.

‘’Tema ini mengandung makna akan pentingnya hutan sebagai penjaga keseimbangan antara kepentingan manusia dan kepentingan mahluk hidup lainnya,’’ ujar Porajouw.

Lebih lanjut, Porajow mengatakan bahwa maksud dan tujuan diadakannya Hari Lingkungan Hidup di Kabupaten Mitra tahun 2011 adalah untuk memposisikan hutan sebagai modal utama pembangunan nasional menuju masyarakat sejahtera dan berkelanjutan.

Menteri Lingkungan Hidup Prof Dr Ir Gusti Muhammad Hatta MSi dalam sambutan yang dibacakan Sekda Mitra Drs Freddy Lendo mengatakan, peringatan hari lingkungan hidup tahun 2011 yang dipusatkan di India sesuai dengan Tahun Hutan Internasional 2011 International Year of Forests (IYF) yang dideklarasikan PBB ini merupakan pengakuan bahwa hutan memberikan kontribusi penting bagi pembangunan berkelanjutan, pemberantasan kemiskinan dan juga pencapaian tujuan MDGs (Millenium Development Goals).

Pelestarian hutan sangat diperlukan guna mengantisipasi laju kerusakan hutan di Indonesia yang mencapai 2 persen pertahun masih lebih cepat dibandingkan dengan laju pemulihannya.

Kerusakan hutan di Indonesia sekitar 1,1 juta hektar pertahun, sedangkan kemampuan pemulihan lahan yang telah rusak hanya sekitar 0,5 juta hektar per tahun.

Puncak acara peringatan diisi dengan penyerahan piagam penghargaan kepada pemerhati lingkungan yang ada di kab.Mitra dari unsur perusahaan diberikan kepada PT Newmont Minahasa Raya (NMR), unsur LSM/Organisasi LSM GPA Aramic Mitra ,unsur perorangan Sammy Supit ,M.Eng ,dan Gapoktan Desa Pangu. Dilanjutkan dengan penanaman pohon di areal perkantoran blok B.

Hadir pada kesempatan itu kepala badan lingkungan hidup propnsi Sulawesi Utara Olvi Ateng SE,Msi ,dan sejumlah pejabat Pemkab Mitra. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading