Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Mitra Tampilkan Produk Inovatif Sutra Emas di Penas KTNA

Staff Manado Today   |   14 Juni 2011 – 15:42 WITA

Ratahan Today – Bahan Sutera emas yang banyak ditemui di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), kini menjadi prodak inovatif yang akan dikembangkan oleh Pemerintah untuk mendatangkan income bagi daerah.

Pada Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) di Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kertanegara (18-23 Juni), produk ini akan ditampilkan. Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Mitra Ir BA Tinungki, pemerintah sekarang ini sudah bekerjasama dengan pengrajin daerah untuk mengembangkan bahan baku sutera emas menjadi bahan dasar tekstil.

“Ini sudah ada kerjasama dengan pengrajin untuk pengembangannya, karena kalau kita hanya menjual bahan baku kita akan rugi, akan lebih baik jika kita menjual bahan jadi dan siap pakai. Dan ini akan menjadi produk inovatif yang nantinya juga akan kita tampilkan di Penas KTNA di Kaltim,” ujar Tinungki.

Dijelaskannya lagi, mengenai budidaya, para kelompok pembudidaya tidak mengalami kesulitan, karena spesies ulat sutera emas banyak ditemukan di pohon-pohon alvokat milik warga dan ini banyak di temukan di daerah Silian Raya.

“Proses budidaya tidak repot, apalagi ini lagi musiman banyaknya ulat sutera emas yang menjadi kepompong di pohon alvokat milik warga, yang langsung dimanfaatkan oleh kelompok pembudidaya,” terangnya.

Sementara itu, untuk kelompok pembudidaya ulat sutera emas ini, juga mendapatkan perhatian dari pemerintah melalui

“Di Mitra sudah ada satu kelompok pembudidaya yang terdiri dari 30 orang, yang akan mendapatkan bantuan dari pemerintah untuk mengembangkan usaha mereka ini,” tukas Tinungki.(vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading