Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Mitra Urutan Lima Nasional Kabupaten Pemekaran Terbaik

Staff Manado Today   |   26 Mei 2011 – 12:10 WITA

Ratahan Today – Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) meraih peringkat 5 nasional sebagai daerah pemekaran. Hal ini disampaikan langsung Dirjen Otonomi Daerah Djohermansyah Djohan saat peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke XV, akhir April lalu di Balaikota Bogor, Jawa Barat yang dihadiri seluruh utusan Kabupaten/Kota se-Indonesia.

‘’Pak Dirjen yang membacakan langsung penilaian tersebut pada saat peringatan hari Otonomi Daerah di Bogor lalu. Dari Minahasa Tenggara ada beberapa pejabat yang hadir dan mendengar langsung hasil tersebut,’’ kata Kabag Humas dan Protokol Minahasa Tenggara Drs.Ezra Sengkey M.Si.

Di Sulut memang kalau skala kabupaten hasil pemekaran, memang Mitra yang peringkat 1 Mitra masuk peringkat lima nasional, untuk skala kabupaten hasil pemekaran yang berusia 3-5 tahun. Penilaian dilakukan berdasarkan data tahun lalu.

‘’Waktu itu hanya dibacakan, tidak ada surat keputusan. Ini diberikan sebagai motivasi bagi pemerintah daerah pemekaran,’’ kata Jubir Pemkab Mitra ini.

Sunarto SH MSi staf Direktorat Penataan Daerah, Otonomi Khusus dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah dari Ditjen Otda Kemendagri saat mengunjungi kabupaten Mitra mengungkapkan berbeda hasil penilaian Daerah Otonomi Hasil pemekaran (DOHP) dengan penilaian yang dilakukan sebagai bagian pemberian motivasi bagi pemerintah daerah itu sendiri.

‘’Untuk kategori yang saya sebutkan terakhir, Kabupaten anda (Mitra, red) memang masuk dalam peringkat nasional,’’ ungkapnya.

Penilaian DOHP lanjut Sunarto, dilakukan terhadap ratusan daerah yang baru dimekarkan.

‘’Untuk penilaian bertujuan pemberian motivasi, hanya meliputi beberapa daerah,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam kunjungan tersebut juga, Tim Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri menilai Mitra layak dijadikan Pilot Project daerah otonomi baru.

‘’Mitra bisa dijadikan Pilot Project sebagai daerah otonomi baru,’’ ungkap La Ode, salah satu personil tim Dirjen Otda, Kemendagri.

Diakuinya melihat kondisi sekarang Mitra layak dijadikan contoh Daerah Otonomi baru dilihat dari berbagai aspek. Hanya saja semua itu ada proses.

‘’Kalau kondisi sekarang ini bisa dipertahankan bukan tidak mungkin Depdagri akan menunjuk Mitra menjadi daerah percontohan untuk daerah otonomi baru,’’ katanya. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading