Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Mokodompis : PPID Tuntutan Undang-Undang

Staff Manado Today   |   23 Juni 2011 – 22:48 WITA
Frangky Mokodompis

Frangky Mokodompis SIP MSi

Manado Today – Tuntutan Undang-Undang (UU) nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik berdampak terhadap pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di daerah. Pun demikian dengan Pemkot Manado kedepan.

“Berdasarkan UU No.14 tahun 2008 yang dikuatkan dengan PP No 6 tahun 2010, mendesak daerah segera membentuk PPID di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD,red),” ujar kepala seksi pengelola informasi dan komunikasi, pelayanan pers, media center dan dokumentasi di Dinas komunikasi dan informasi Frangky Mokodompis SIP MSi.

Dijelaskan Mokodompis, keterbukaan informasi public tersebut tidak basa dihalangi siapa pun karena bisa berdampak hukum. Nantinya, semua informasi bisa didapatkan masyarakat baik itu kegiatan dan program pemerintah kedepan untuk pelayanan kepada masyarakat, termasuk kebijakan-kebijakan.

“Semua informasi bisa di dapatkan terkecuali, terged realisasi yang masih berupa angan-angan. Yang jelas informasi kepada masyarakat itu semakin lancar,” tukasnya.

Lanjut dikatakan Mokodompis, adanya PPID semua informasi yang berada di SKPD akan dikoordinasikan dengan Kominfo untuk diteruskan kepada publik melalui satu pintu.

“Jadi semua data akan masuk ke kominfo, sehingga semua informasi kepada masyarakat dapat diakses disini. Kalau pun ada hal-hal teknis yang mendetil bisa juga dikonfirmasi langsung ke SKPD bersangkutan,” jelasnya.

Tak pelak, untuk memenuhi batas waktu yang ditetapkan pada 23 Agustus 2011 nanti, semua SKPD sudah harus menunjuk satu orang untuk menjadi PPID dan melapor ke kominfo.

“Untuk kota Manado, dari 141 PPID yang akan berordinasi hingga kini baru 21 yang resmi melapor. Namun saya yakin sebelum waktu yang ditetapkan semua sudah melapor,” kuncinya. (ann/ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading