Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Mokodongan : Daerah Harus Wujudkan Tata Ruang yang Selaras

Tonny Sumakul   |   8 Desember 2011 – 15:25 WITA

Manado, MTC – Sekprov Sulut Ir. Siswa Rachmat Mokodongan, menegaskan, agar seluruh daerah di wilayah ‘Bumi Nyiur Melambai’ agar mewujudkan tata ruang yang selaras.
Menurutnya, tata ruang yang selaras itu, dapat menyeimbangkan antara pembangunan serta luas wilayah hutan yang ada di Kabupaten/Kota masing-masing.
“Tata ruang itu harus terpadu, dan tetap mempertimbangkan upaya-upaya mitigasi perubahan iklim, dengan berdasarkan perundangan yang berlaku,” katanya.
Disisi lain disampaikan Mokodongan, terkait dengan wilayah hutan di Sulut, fungsinya harus tetap disesuaikan dengan revisi tata ruang wilayah provinsi. Artinya, alih fungsi hutan itu, dilakukan sesuai dengan pemantapan dan optimalisasi fungsi kawasan hutan.
“Jadi disini, setiap perubahan atau alih fungsi hutan, wajib dilakukan dengan penelitian, dan harus memperhatikan aspirasi rakyat, dengan berlandaskan ketentuan dan tata cara peruntukan kawasan hutan, seperti yang diatur dalam peraturan pemerintah nomor 10 tahun 2010,” terangnya.
Ia menambahkan, penataan ruang di Kabupaten/Kota juga, harus mengukur alokasi sumber daya lahan yang mengharmoniskan kepentingan tujuan ekonomi, lingkungan dan masyarakat. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading